Merayakan 100 Tahun, Mazda Luncurkan Edisi Spesial Untuk Semua Line-up

Merayakan 100 Tahun, Mazda Luncurkan Edisi Spesial untuk Semua Line-up Sumber Foto : Mazda

KabarOto.com – Tahun ini merupakan hari jadi Mazda yang ke 100 tahun. Sebagai selebrasi pabrikan Jepang ini meluncurkan 100th Anniversary Edition untuk seluruh line-up. Semuanya dibuat serupa, untuk menghormati mobil pertama mereka yaitu R360 Coupe.

Sedikit sejarah, Mazda dulu di dirikan oleh Jujiro Matsuda dengan membuat Toyo Cork Kogyo Co., Ltd. Saat itu mereka belum memasuki ranah otomotif lantaran perusahaan ini membuat cork di Hiroshima, Jepang. Pada tahun 1929, mereka bereksperimen dengan motor bakar yang menghasilkan prototipe mesin dua tak 250 cc.

Baca Juga : Selisih Harga Hingga Rp100 Jutaan, Ini Yang Baru Di Mazda CX-9 AWD

Mazda MX-5 & R360 Coupe

Pada masa itu Toyo Kogyo membuat Toyo machine tools. Setahun kemudian, prototipe sepeda motor selesai dibuat, begitu pula dengan truk beroda tiga. Pada tahun 1931, truk Mazda-Go memulai debutnya. Bentuknya seperti sepeda motor menggendong bak.

Namun, pengembangan mobil harus terhenti karena Perang Dunia II diikuti peristiwa pengeboman Hiroshima. Mazda kembali memasuki dunia otomotif pada tahun 1950 dengan memproduksi truk empat roda.

Pada tahun 1960, Mazda mulai memproduksi mobil penumpang, pada tahun ini lah R360 Coupe meluncur. R360 merupakan coupe mungil yang dapat mengakomodir dua penumpang. Dengan menggunakan mesin 356 cc dengan pendingin air yang dapat menghasilkan tenaga 16 dk. Mobil ini terkenal dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar.

Model ini lah yang menginspirasi edisi spesial Mazda 100th Anniversay Edition. Edisi spesial ini hadir untuk semua line-up. Mulai dari Mazda 2, Mazda 3, Mazda 6, MX-5, MX-5 RF, CX-3, CX-30, MX-30, dan CX-5. Semuanya berkelir Snowflake White Pearl Mica dengan aksen two-tone burgundy.

Selain itu ada logo 100th Anniversary di bagian karpet, headres, dop, dan bumper. Tidak hanya itu, bagian anak kunci juga memiliki embos logo serupa dan hadir dalam boks spesial.

Baca Juga : Beda Rp40 Jutaan, Ini Perbedaan New Mazda CX-3 Pro Dan Sport

Mazda sudah mulai menerima pesanan di Jepang, akan tersedia di Eropa mulai dari musim gugur 2020. Belum diketahui apakah negara lain akan mendapat edisi spesial ini atau tidak. Pada tahun 2014 lalu ada rumor bahwa, untuk perayaan 100 tahun Mazda akan mengeluarkan sports car bermesin rotary.

Tetapi, dengan banyak pertimbangan kemungkinan Mazda ingin mengembangkan mesin enam silinder segaris dengan turbo, ada rumor mesin ini akan hadir pada line-up RX. Jadi bagaimana sob, tertarik jika edisi spesial ini hadir di Tanah Air? Kita tunggu saja.