Mercedes-AMG ONE Hypercar Layaknya F1 Untuk Jalan Raya

Mercedes-AMG ONE Hypercar Layaknya F1 untuk Jalan Raya Mercedes-AMG ONE (Dok: Mercedes-AMG)

KabarOto.com – Akhirnya Mercedes telah merilis hypercar terbarunya yang sempat tertunda yaitu Mercedes-AMG ONE. Mobil ini lahir dengan mengusung teknologi Formula 1 namun masih legal dipakai di jalan raya.

Mercedes-AMG ONE membawa mesin enam silinder 1.600 cc turbocharged menghasilkan 566 dk pada 9.000 rpm. Setelah itu, motor listrik MGU-K (Motor Generator Unit - Kinetic) pada poros engkol menambah 160,9 dk, sementara motor 120,7 dk datang dari (MGU-H) memutar turbocharger tunggal hingga 100.000 rpm sebelum gas buang. Terakhir, dua motor listrik di as roda depan menghasilkan 321,8 dk. Alhasil, tenaga gabungan mencapai 1.048 dk

Mercedes-AMG ONE mampu akselerasi dari 0 hingga 100 kpj dalam 2,9 detik. Kecepatan tertinggi 351 kpj.

Baca Juga : Mercedes AMG E63 S Final Edition Terbatas Hanya 999 Unit Di Dunia

Membuat mobil ini bukan perkara mudah, Mercedes-AMG High Performance Powertrains di Brixworth membuat mesin F1 bekerja di dalam mobil ini. Belum lagi pemasangan mesin V6 1.600 cc turbocharged ke posisi mesin tengah. Mereka juga harus memikirkan peraturan emisi, pasalnya mobil F1 idle pada 5.000 rpm dan terlalu tinggi untuk mobil jalan raya.

Terdapat enam mode berkendara untuk berbagai kondisi, termasuk Race Safe, Race, Individual, dan EV. Keempatnya adalah mode berkendara di jalan normal. Dua lainnya adalah Race Plus dan Strat 2 di mana ini adalah mode track-only.

Race Plus mengaktifkan aerodinamis aktif, membuat suspensi keras, dan menurunkan ketinggian hingga 1,5 inci di depan dan 1,2 inci di belakang. Sementara Strat 2 adalah mode untuk performa maksimal, dengan namanya berasal dari mode yang digunakan dalam kualifikasi di mobil F1 milik Lewis Hamilton, serta memberi mobil tenaga penuh dari semua motor.

Tapi pengaturan suspensi juga bisa diatur baik Comfort dan Sport saat mengatur mode berkendara Individual. Serta Stability Control pun memiliki tiga pengaturan seperti On, Sport Handling Mode, atau Off.

Baca Juga : Mercedes-Benz GLC Generasi Terbaru, Hadir Dengan Mild-Hybrid

Mobil ini dilengkapi pelek central lock dengan model multi palang futuristik. Menggunakan metode pembuatan forged 19 inci depan dan belakang 20 inci dibalut profil 285/35 R19 dan 335/30 R20 lansiran Michelin Pilot Sport Cup 2R.

Dibalik rem, ada kaliper enam piston di depan yang menjepit cakram berventilasi dan memiliki lubang ukuran 15,7 inci, sedangkan di belakang menggunakan kaliper empat piston ukuran 14,96 inci. Suspensi coil-over aluminium lima-link dan fitur adaptif di keempat sisi.

Masuk kabinnya, kita akan disambut dengan nuansa futuristik, seperti setir layaknya mobil F1, lalu terdapat dua layar utama 10 inci, memberikan informasi soal kondisi mobil dan satunya lagi untuk media, dilengkapi sistem suara racikan Burmester memberikan lantunan musik lebih tertata.

Untuk joknya menggunakan model bucket dilapis kulit Magma Grey Nappa dan bantalan Dinamica microsuede. Sementara kursi juga bisa diatur memiliki 11 pengaturan untuk menemukan posisi mengemudi ideal.

Mercedes-AMG ONE Hanya ada 275 unit di dunia dan di banderol sekitar Rp 40 miliar.