Mercedes-AMG Petronas Dan Red Bull Racing Hanya Terpaut 5 Poin, Persaingan Panas Hingga Akhir Musim

Mercedes-AMG Petronas dan Red Bull Racing Hanya Terpaut 5 Poin, Persaingan Panas Hingga Akhir Musim

KabarOto.com – Mercedes-AMG Petronas mengamankan poin di puncak konstruktor setelah Lewis Hamilton menjuarai GP Qatar 2021. Namun poin hanya datang dari Hamilton, sementara Valtteri Bottas harus menyudahi balapan di lap-lap akhir. Sehingga total raihan poin Mercedes menjadi 546,5 poin.

"Kemenangan yang meyakinkan bagi Lewis. Dia mengendalikan kecepatan dari depan dan melakukan semua yang perlu dia lakukan, sepenuhnya di zona itu. Singa itu terbangun di Interlagos dan kita melihatnya hari ini di Qatar! Bagi Valtteri, itu adalah kemenangan yang luar biasa," ujar Kepala Tim Mercedes, Toto Wolff.

Baca juga: Hasil F1 Qatar 2021, Lewis Hamilton Juara Tanpa Halangan

Di belakangnya terpaut sangat tipis Red Bull Racing, berhasil mendapat double poin, lewat Max Verstappen yang finis kedua dan meraih lap tercepat, serta Sergio Perez di posisi keempat. Total Red Bull mendapat 31 poin tambahan, membuatnya jadi 541,5 poin.

"Kami belum mendapatkan yang lebih cepat, kecepatan garis lurus kami sangat kompetitif hari ini dan fakta bahwa Max bisa mendapatkan lap tercepat sebelum beralih ke soft sangat menggembirakan. Checo tidak beruntung untuk tidak finis di podium hari ini," ujar Christian Horner, Kepala Tim Red Bull Racing.

Di urutan ketiga dan keempat juga Scuderia Ferrari semakin meninggalkan McLaren. Dua pembalap Ferrari secara berurutan finis posisi 7 untuk Carlos Sainz dan posisi 8 untuk Charles Leclerc, kini Ferrari berada di urutan ketiga klasemen dengan 297,5 poin. Sementara McLaren hanya mendapat poin lewat Lando Norris yang finis kesembilan, sehingga total 258 poin.

Tim Alpine justru tampil apik, veteran Fernando Alonso masih punya daya saing mengingat usianya mencapai kepala empat dengan naik podium ketoga. Serta Esteban Ocon juga mendapat posisi 5, membuat poin Alpine jadi total 137 poin meninggalkan rivalnya AlphaTauri.

Baca juga: Jadwal F1 Qatar 2021 Dan Sekilas Sirkuit Losail

“Sungguh hasil tim yang fantastis. Pertama, selamat besar untuk Fernando di podiumnya. Ini menandai pertama sejak kembali ke tim dan, saya harus mengatakan, setelah musim yang dia miliki, dia benar-benar layak mendapatkannya," ujar Laurent Rossi, Kepala Eksekutif Alpine.

AlphaTauri sebenarnya punya kesempatan baik mendapat poin dari Pierre Gasly di mana pembalap Prancis itu start dari posisi 2. Namun dominasinya perlahan merosot, hingga hanya mampu finis posisi 11. AlphaTauri pun masih bertahan di urutan keenam dengan 112 poin.

Aston Martin menambah pundi-pundi poin lewat dua pembalapnya Sebastian Vettel posisi 10, dan Lance Stroll posisi 6, total menjadi 77 poin. Sementara nasib buruk datang bagi Williams karena kedua pembalapnya tidak mampu menyelesaikan balapan, alhasil raihan masih tetap 23 poin.

Serta Alfa Romeo juga tidak mendapat poin apapun dan tertahan di posisi kesembilan klasemen dengan 11 poin, begitu pula Haas masih terpuruk di dasar klasemen dengan poin nihil.

Klasemen Konstruktor F1 Qatar 2021 :