POPULAR STORIES

Mercedes-AMG Petronas Juara Konstruktor 8 Kali

Mercedes-AMG Petronas Juara Konstruktor 8 Kali

KabarOto.com – Juara dunia pembalap memang dimenangkan oleh pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Namun soal juara konstruktor masih dipegang oleh Mercedes AMG Petronas.

Mercedes menutup musim 2021 dengan 613,5 poin, usai Lewis Hamilton berjuang sepanjang balapan yang sengit dan meraih P2. Serta Valtteri Bottas menutup perjalanannya bersama Mercedes dengan P6.

Baca juga: Hasil F1 Abu Dhabi, Penuh Drama Max Verstappen Raih Juara Dunia Pembalap F1 2021

Di posisi kedua, ada Red Bull Racing yang mengantongi 585,5 poin. Satu-satunya poin di seri Abu Dhabi didapat melalui aksi dramatis Max Verstappen. Juara dunia 2021 itu menghadiahi poin penuh setelah meraih posisi 1 dan lap tercepat. Sementara Sergio Perez harus menyudahi balapan di lap akhir.

Scuderia Ferrari menempati posisi ketiga, usai Carlos Sainz finis ketiga dan Charles Leclerc posisi 10. Tim kuda jingkrak mengumpulkan total 323,5 poin. Meninggalkan McLaren yang hanya mendapat poin dari Lando Norris setelah finis posisi ketujuh dengan total 275 poin.

Baca juga: Nikita Mazepin Kena Covid-19, Gagal Start F1 Abu Dhabi

Alpine berhasil mendapatkan double poin dari Fernando Alonso finis kedelapan dan Esteban Ocon posisi sembilan, membuat total 155 poin. Sementara AlphaTauri harus berpuas di urutan keenam dengan 142 poin, walau kedua pembalapnya finis di posisi lebih baik yakni Pierre Gasly posisi lima dan Yuki Tsunoda menempati posisi empat.

Aston Martin Cognizant berada di posisi ketujuh dengan raihan 77 poin. Di bawahnya ada Williams dengan 23 poin yang mengalami nasib sial karena kedua pembalapnya gagal menyelesaikan balapan di Abu Dhabi.

Tim yang menelan pil pahit mungkin Alfa Romeo, menjadi balapan terakhir bagi kedua pembalapnya, Kimi Raikkonen harus menyudahi balapan akibat masalah rem di akhir sebelum gantung helm. Sementara Antonio Giovinazzi mengalami masalah transmisi tidak bisa pindah gigi, padahal ini balapan terakhir sebelum ke Formula E musim depan. Serta Haas mengakhiri musim tanpa poin sama sekali.