POPULAR STORIES

Mercedes-Benz EQS, Mobil Listrik Mewah Pertama Dari Stuttgart

Mercedes-Benz EQS, Mobil Listrik Mewah Pertama dari Stuttgart

KabarOto.com - Mercedes-Benz EQS sudah dipastikan menjadi sedan mewah bertenaga listrik dari keluarga Mercedes-EQ. Adapun EQS merupakan model pertama yang didasarkan pada arsitektur modular untuk kendaraan listrik kelas eksekutif dan mewah.

Para ahli di Stuttgart, Jerman memadukan teknologi, desain, fungsionalitas, dan konektivitas. EQS sekaligus memanjakan pengemudi dan penumpang. Sedianya yang akan dilansir adalah EQS 450+ memiliki tenaga setara 328,5 dk dan torsi 568 Nm. Sedangkan EQS 580 4MATIC bertenaga 516 dk dan torsinya 855 Nm.

Baca juga: Teaser Mercedes-Benz Citan Beredar, Tersedia Varian Listrik

Akselerasi 0-100 kpj untuk EQS 450+ bisa catatkan 6,2 detik, sedangkan EQS 580 4MATIC hanya 4,3 detik. Kecepatan maksimal hanya dibatasi 210 kpj.

Sebagai mobil bertenaga listrik, aerodinamika ditata sangat baik tanpa mengesampingkan desain khas Mercedes-Benz. Diyakini nilai hambatan udaranya 0.20 cd, dipastikan menjadi mobil produksi paling aerodinamis di dunia. Selain itu juga paling senyap saat melesat, serta minim suara empasan angin.



Kemampuan baterai EQS 580 4MATIC diklaim bisa menempuh jarak hingga 780 km. Bisa diisi gunakan fast charging 200 kW beraliran DC, hanya 15 menit pengisian sudah bisa untuk menempuh 300 km. Sedangkan pengisian melalui tegangan AC gunakan on-board charger 22 kW.

Tak ditampik bahwa EQS sangat mirip dengan S-Class terbaru, namun dirancang dari arsitektur serba elektrik. EQS ini punya automatic comfort doors, bila pengemudi mulai mendekat ke mobil seluruh tuas akan muncul. Bila makin mendekat, pintu pengendara akan otomatis terbuka. Gunakan setelan di MBUX, pengendara bisa membuka pintu belakang.



EQS terbilang mobil cerdas, sebab ada 350 lebih sensor yang akan memantau di luar atau di kabin. Mulai dari merekam jarak, kecepatan dan akselerasi, kondisi pencahayaan, cuaca dan temperatur, hingga jok penumpang.

Kenyamanan telinga selama di kabin merupakan tatanan 15 speaker dari Burmester surround sound. EQS berfitur dua souncscapes Silver Waves dan Vivid Flux. Selain itu ada fitur Energizing Comfort ada tiga Energizing Nature seperti Forest Glade, Sound of the Sea, dan Summer Rain. Sajikan seperti suara asli selama berada di kabin.



MBUX Hyperscreen menjadi varian stadar di EQS 580 4MATIC, layar lengkung dari pilar A ke Pilar A, sejatinya ada tiga layar yang disatukan. Layar OLED 12,3 inci khusus di depan penumpang depan, fungsi infotainment bisa berfungsi untuk negara tertentu.

Baca juga: Strategi Mercedes-Benz Jual Mobil Listrik Agar Laris Manis

Rear axle steering memungkinkan roda belakang EQS bisa berbelok hingga 4,5 derajat, sehingga lebih mudah dikendarai. Sudut belok hingga 10 derajat juga bisa dipesan, membuat radius putar hanya 10,9 meter.



Adapun dimensi EQS ini punya panjang 5.216 mm, lebar 1.926 mm, dan tinggi 1.512 mm. Jarak sumburoda sajikan 3.210 mm. Bobot untuk EQS 580 4MATIC mencapai 2.585 kg.