POPULAR STORIES

Mercedes-Benz G580 Dengan Teknologi EQ Mengikuti Tradisi Ikon Desain

Mercedes-Benz G580 dengan Teknologi EQ Mengikuti Tradisi Ikon Desain Foto: Mercedes-Benz

KabarOto.com - Mercedes-Benz menghadirkan varian ikoniknya yakni G Class, menggendong teknologi EQ. Ini adalah varian full elektrik pertama dari ikon off-road pabrikan asal Jerman. Melambangkan perpaduan tradisi dan kemajuan yang tiada duanya. G-Class elektrik baru tetap setia pada karakter modelnya, mempertahankan siluet sudutnya termasuk semua elemen ikonik.

Menjadikan salah satu kendaraan listrik keluarga Mercedes-Benz, khususnya yang mengambil basis dari kendaraan ikonik mereka. Tetap mempertahankan desain ikoniknya, agar pengemudi dapat bernostalgia akan SUV tangguh era sebelum mobil hybrid sekalipun hadir.

Baca Juga: Mercedes-AMG G63 Makin Mewah Berkat Sentuhan Hofele

Seperti varian bertenaga konvensional, bodinya dibuat di atas sasis leader frame yang telah dimodifikasi dan diperkuat untuk mengintegrasikan penggerak motor listrik. Kombinasi suspensi depan independen dengan double wishbones dan poros belakang kaku yang baru dikembangkan juga dipertahankan. Baterai lithium-ion bertegangan tinggi yang terintegrasi ke sasis memastikan pusat gravitasi rendah.

“Sepanjang lebih dari 45 tahun sejarahnya, G-Class selalu menggunakan teknologi penggerak paling modern yang ada. Jadi, sangat tepat jika konsep penggerak inovatif dengan empat motor listrik yang dikontrol secara individual sekali lagi meningkatkan performa legendaris off-road kami. ikon jalan raya ke tingkat yang baru. Bahkan mempertahankan siluet bersudut yang familiar dan sesuai dengan karakter 'Geländewagen' yang kita cintai." Markus Schäfer, Anggota Dewan Manajemen Mercedes-Benz Group AG, Chief Technology Officer.

G-Class listrik baru segera dikenali sebagai anggota dari lini keluarga abadi. Eksteriornya mendapat gril radiator panel hitam opsional. Sejumlah fitur pembeda membedakan varian serba listrik ini dari model bertenaga konvensional. Ini termasuk kap mesin yang sedikit terangkat dan tirai udara di lengkungan roda belakang serta kotak desain di bagian belakang. Dikombinasikan dengan kelongsong pilar A baru dan bibir spoiler di atap, semuanya berkontribusi pada optimalisasi aerodinamis.

Empat motor listrik yang dikontrol secara individual yang terletak di dekat roda, masing-masing menghasilkan tenaga maksimal 149 dk sehingga secara total mencapai 580 dk dengan torsi maksimum 1.164 Nm. Menggunakan baterai 116 kWh, sanggup diajak menjelajah hingga 473 km.

Bekerja sama dengan ESP dan kontrol powertrain pusat (CPC), torsi selalu disalurkan tepat di tempat G-Class listrik baru membutuhkan traksi.

Dengan konsep penggeraknya yang inovatif, Mercedes-Benz G580 dengan Teknologi EQ berakselerasi 0-100 kpj dalam 4,7 detik. Kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 180 kpj.

Baca Juga: Model Baru Mercedes-AMG G63, Hadir dengan Tambahan Teknologi Motor Listrik

Karena motor listrik dapat menghasilkan torsi maksimum dari posisi diam, off-roader serba listrik ini unggul dengan daya tarik yang sangat besar dan kemampuan pengendalian yang luar biasa. Hal ini terbukti menguntungkan baik pada tanjakan curam maupun permukaan longgar.

Interior G-Class elektrik serba baru memadukan kualitas mengesankan dengan bahasa desain klasik. Ventilasi udara berbentuk persegi dan pegangan penumpang memiliki ciri khas G-Class.

Elemen trim dibuat dari kayu kenari alami berpori terbuka sebagai standar. Lingkar kemudi multifungsi generasi kini dengan panel kontrol sentuh dibalut kulit nappa sebagai standar. Pencahayaan sekitar dan pelapis kulit juga merupakan bagian dari perlengkapan standar.

Belum ada kabar mengenai harga, ada bocoran akan diluncurkan bersamaan dengan jajaran G-Class yang diperbarui akhir tahun ini.