POPULAR STORIES

Model Baru Mercedes-AMG G63, Hadir Dengan Tambahan Teknologi Motor Listrik

Model Baru Mercedes-AMG G63, Hadir dengan Tambahan Teknologi Motor Listrik Foto: Mercedes-Benz

KabarOto.com - Ikon kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) dari Mercedes-AMG kembali hadir, melalui G63 memperkuat sosok kuat, tangguh dan premium. Untuk model terbaru ini, mesin buas V8 BiTurbo mendapatkan sokongan teknologi motor listrik.

Mercedes-AMG G63 yang serba baru memperkuat posisinya yang unik di antara kendaraan off-road berperforma terbaik dengan sistem penggeraknya yang bertenaga, tersedia suspensi AMG Active Ride Control, dan elemen desain yang unik.

Mercedes-AMG G63 juga menawarkan perbedaan yang lebih besar antara performa dinamis di jalan raya dan kemampuan off-road. AMG G63 baru juga mendapat manfaat dari perubahan pada seri model G-Class, termasuk peningkatan infotainment, yang menghadirkan sistem infotainment MBUX ke G-Class untuk pertama kalinya. .

Baca Juga: Mercedes-AMG E53 Hybrid 4Matic+, Gabungkan Performa dan Dinamika Berkendara

Dengan lima program AMG Dynamic Sellect sesuai kondisi atau keinginan berkendara, terdiri dari mode Slippery, Comfort, Sport, Sport+ dan Individual, hadirkan pengalaman berkendara berkisar dari efisien dan nyaman hingga sangat sporty.

Parameter seperti respon mesin, transmisi, suspensi dan kemudi disetel secara khusus untuk setiap program penggerak. Tiga tahap redaman adaptif yang dapat disesuaikan yakni Comfort, Sport dan Sport+, juga dapat dipilih secara independen. Tiga program berkendara off-road seperti Sand, Trail dan Rock juga tersedia.

“G-Class adalah ikon otomotif dan Mercedes-AMG G63 telah menjadi model paling populer selama bertahun-tahun. Ini merupakan kewajiban sekaligus insentif bagi kami. Oleh karena itu, tujuan kami adalah membuat peningkatan performa menjadi lebih nyata, baik di jalan maupun di luar jalan raya," ujar Michael Schiebe, Ketua Dewan Manajemen Mercedes-AMG GmbH dan Kepala unit bisnis Mercedes-Benz G-Class & Mercedes-Maybach.

Suspensi AMG Active Ride Control yang merupakan opsional dengan stabilisasi gulungan hidraulik aktif dan redaman adaptif yang dapat disesuaikan memberikan penanganan yang sangat lincah dan peningkatan kenyamanan.

Ini tersedia sebagai bagian dari AMG Offroad Package PRO opsional. Elemen hidraulik aktif menggantikan batang anti-roll torsi mekanis konvensional. Peredam kejut adaptif dilengkapi dengan dua sambungan hidrolik, satu di sisi kompresi peredam dan yang lainnya di sisi pantulan. Ruang peredam di keempat roda dihubungkan melalui saluran hidrolik dan katup kontrol peredam adaptif.

"Salah satu cara kami mencapai hal ini adalah melalui penyempurnaan pada mesin V8 dan suspensi AMG baru kami, yang memadukan kelincahan, dinamika berkendara, dan kenyamanan. Dengan demikian, kami semakin memenuhi keinginan pelanggan kami. G63 lebih AMG dari sebelumnya," tambah Michael Schiebe.

Baca Juga: Mercedes-Benz GLA45 S AMG dengan Penggerak 4 Roda yang Canggih

Mercedes-AMG G63 kini memiliki warna baru yakni Hyper Blue Magno, tersedia secara eksklusif untuk model G-Class teratas. Bagian depan ditandai dengan bumper baru khusus AMG dengan tiga kisi-kisi vertikal di depan saluran masuk udara, serta sisipan baja tahan karat.

Lampu depan LED Multibeam adaptif menerangi jalan sesuai situasi berkendara dengan 84 LED performa tinggi yang dapat dikontrol secara individual. Lampu belakangnya juga dilengkapi teknologi LED.

Lambang AMG ditampilkan pada kap mesin dan proyeksi kaca spion luar untuk pertama kalinya, serta tutup pengisi bahan bakar AMG berwarna krom perak dengan elemen desain berwarna hitam.

Bagian pelek secara opsional memiliki pilihan berbeda mengandalkan produksi AMG model palang lima ukuran 20 inci hingga 22 inci dengan finishing berbeda, kemudian kaliper rem berwarna perak dengan cakram ventilasi di depan dan belakang.

Tersedia juga paket karbon untuk eksterior AMG (opsional) menekankan kinerja AMG G63. Penutup roda cadangan, sisipan bemper, dan pelindung bagian bawah visual di bagian depan dan belakang dilapisi serat karbon. Paket ini juga mencakup gril radiator krom gelap, rumah kaca spion berdesain karbon dan sisipan pada trim pelindung eksterior, ring roda cadangan berwarna Magno/metalik hitam, serta rumah lampu depan dan indikator berwarna gelap di bagian depan dan belakang.

Bagian interior menegaskan karakter dinamis AMG G63. Roda kemudi AMG Performance dengan desain palang ganda berbahan kulit Nappa dengan kontrol kapasitif yang terintegrasi sempurna merupakan perlengkapan standar.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Mercedes-Benz CLE 300 4Matic Coupe AMG Line dengan Banderol Rp1,8 Miliar

Tombol roda kemudi AMG Drive Unit yang bulat dengan tampilan cemerlang dan pengoperasian intuitif dapat digunakan untuk mengontrol fungsi berkendara khusus AMG dan semua program penggerak. Logo AMG terpampang di jari-jari roda kemudi, layar tengah, panel ambang pintu, alas lantai, dan sandaran kursi depan.

AMG G63 baru ditenagai oleh mesin lansiran AMG V8, turbo ganda (BiTurbo), berkapasitas 4.000 cc, kabarnya mesin ini dikerjakan secara langsung tanpa mesin (hand made). Menghasilkan tenaga maksimal 577 dk dan torsi 850 Nm.

Mesin V8 BiTurbo tersebut dialiri sistem kelistrikan terpasang 48 volt dan generator starter terintegrasi (ISG), yang memberikan dukungan pada kecepatan mesin yang lebih rendah dengan tambahan tenaga 20 dk dan torsi 200 Nm. AMG G63 berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam 4,2 detik, dengan kecepatan tertinggi 220 kpj yang dibatasi secara elektronik.

Mercedes-AMG G63 model terbaru ini baru akan tersedia di negara Amerika Serikat pada paruh kedua tahun 2024