Mercedes-Benz Integrasikan Teknologi Penghubung Manusia Dengan Sebuah Mobil

Mercedes-Benz Integrasikan Teknologi Penghubung Manusia dengan Sebuah Mobil

KabarOto.com - Mercedes-Benz mengintegrasikan pendekatan Brain-computer interfaces (BCI) pertama ke dalam kendaraan konsep Vision AVTR pada gelaran IAA Mobility 2021.

Setelah proses kalibrasi singkat, perangkat BCI yang terpasang menganalisis gelombang otak yang diukur dan memicu fungsi yang ditentukan.

“Mercedes-Benz kembali menciptakan tonggak sejarah lain dalam penggabungan manusia dan mesin melalui penelitian dan pengembangan brain-computer interface di mobil. Teknologi BCI memiliki potensi untuk lebih meningkatkan kenyamanan berkendara di masa depan,” ungkap Britta Seeger, Member of the Board of Management of Daimler AG and Mercedes-Benz AG.

Baca juga: Modifikasi Mercedes-Benz 320 TE, Mobil Retro Bergaya Elegan

Selain itu, dengan pengembangan lebih lanjut dari fitur asisten suara 'Hey Mercedes', Mercedes-Benz dan konsep zero-layer MBUX Hyperscreen, pabrikan menyederhanakan pengoperasian kendaraan secara radikal.

Teknologi BCI diklaim bisa lebih meringankan pengguna, agar bisa fokus pada proses berkendara. Sementara itu, Vision AVTR menggarisbawahi keberanian dan semangat perintis pabrikan dan merupakan konsep yang tepat untuk menguji dan mengembangkan aplikasi BCI lebih lanjut.

Dengan integrasi teknologi BCI, Mercedes-Benz melanjutkan kisah revolusioner pada Vision AVTR. Interaksi biometrik dengan kendaraan dilengkapi dengan koneksi langsung ke otak manusia. Di IAA, pendekatan pertama untuk pengendalian pikiran berdasarkan persepsi visual akan ditunjukkan dalam mockup kursi visioner dari Vision AVTR.

Baca juga: Deretan Kendaraan Elektrifikasi Mercedes-Benz Di IAA Mobility

Untuk tujuan ini, titik-titik cahaya diproyeksikan ke dasbor digital sepenuhnya. Perangkat BCI dengan konduktor yang dapat dipakai terpasang di bagian belakang kepala pengguna dan merekam aktivitas otak lalu membuat koneksi langsung ke kendaraan setelah kalibrasi kurang lebih satu menit.

Otak bereaksi terhadap rangsangan visual di dasbor lalu Perangkat BCI mengukur aktivitas saraf di korteks secara real time. Teknologi ini menganalisis gelombang otak yang diukur dan mengenali titik cahaya mana yang mengarah pada fokus dan perhatian penuh (attention-sensing interface). Semakin kuat fokusnya, semakin tinggi aktivitas sarafnya. Perangkat kemudian memicu fungsi yang ditargetkan di dalam kendaraan.