Mercedes-Benz Tampilkan Konsep Vision AVTR Yang Terinspirasi Dari Film Avatar

Mercedes-Benz Tampilkan Konsep Vision AVTR yang Terinspirasi dari Film Avatar Mercedes-Benz Vision AVTR

KabarOto.com - Produsen otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz baru saja menampilkan sebuah mobil konsep Mercedes-Benz Vision AVTR di Consumer Electronics Show (CES) 2020, (7-10/1), di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kendaraan futuristik ini, tercipta berkat kemitraan yang baru diumumkan dengan franchise film Avatar dan dirancang untuk membangkitkan imajinasi akan wujud dari mobil di masa depan.

Baca Juga: Mercedes-Benz Marco Polo, Kamping Mewah Sembari Jalan-Jalan

"Mercedes-Benz Vision AVTR memberikan perhatian khusus pada hubungan antara manusia, mesin dan alam, layaknya hubungan simbiosis antara orang-orang Na'vi di Pandora dari Avatar dan sekuelnya yang akan datang," tulis Mercedes-Benz dalam keterangannya.

Memiliki desain futuristik

Desain dari Vision AVTR menggunakan "one Bow" yang memiliki bentuk seakan mengalir, dan mengambil isyarat desain dari beberapa makhluk di film Avatar. Salah satunya terletak pada 33 "flap bionik" di bagian belakang kendaraan, yang menurut Mercedes-Benz mengingatkan pada wujud kulit reptil.

Menariknya, flap ini dapat bergerak secara halus, sehingga menimbulkan kesan Vision AVTR dapat berkomunikasi dengan pengemudi lain. Selain itu, flap ini juga menawarkan fungsi ganda untuk meningkatkan aerodinamika.

Pusat segala pengaturan

Menyalakan mobil pun cukup mudah, karena pengemudi tinggal meletakkan tangannya pada unit kontrol di konsol tengah. Selanjutnya, Vision AVTR akan aktif setelah mengenali pengemudi dengan detak jantung dan napasnya. Beragam fitur dalam Vision AVTR pun dapat dioperasikan hanya dengan gerakan tangan.

Untuk mengaktifkan fungsi mengemudi otonom misalnya, jika unit kontrol didorong hingga setengah, pengemudi dapat mengontrol kecepatan, sementara bila mengangkat kemudi sepenuhnya, pengemudi dapat memberikan kontrol penuh pada kendaraan.

Interior sangat modern

Sebagai sumber tenaga, Vision AVTR dibekali dengan empat motor listrik berkapasitas lebih dari 350 KW. Motor-motor ini berfungsi secara independen di setiap sudut roda, sehingga memungkinkan Vision AVTR untuk menyemburkan 470 dk.

Baca Juga: Profil - Mercedes-Benz New GLE 450 4MATIC AMG Line

Canggihnya, Vision AVTR memiliki roda yang bisa dikendalikan secara berlawanan antara bagian depan dan belakang, sehingga memungkinannya untuk bergerak ke samping sekitar 30 derajat. Sehingga memudahkan ketika parkir pararel, keluar layaknya seekor kepiting.

Sementara demi menunjukkan komitmen Mercedes-Benz mengurangi jejak karbonnya, kendaraan ini dilengkapi baterai 110 kWh yang dibuat menggunakan kimia sel organik berbasis graphene yang bebas dari logam bumi langka, bahan beracun dan mahal.

Artinya, baterai ini dapat didaur ulang 100 persen melalui sistem pengomposan. Agar terisi penuh, baterai hanya membutuhkan waktu isi ulang kurang dari 15 menit, untuk menjangkau jarak tempuh 700 km.

Berita Terkait

Berita Terkait