Mercedes GP Pelajari Bentuk "Kanopi" Mobil F1

Mercedes GP Pelajari Bentuk "Kanopi" Mobil F1 Konsep kokpit Mercedes Formula 1 (foto: omnicorse.it)

Tewasnya pebalap asal Inggris, Justin Wilson (37) akibat cidera kepala saat terhantam pecahan komponen mobil INDYCAR yang dikemudikan Sage Karam dalam ajang balap IRL (Indy Racing League) di sirkuit oval Pocono, Negara Bagian Pennsylvania di Amerika Serikat selain kembali memberi duka mendalam setelah kematian Jules Biancchi di balap Formula 1 juga menyadarkan regulator balap mobil seperti FIA bahwa perlindungan bagian kepala pembalap pun masih perlu direvisi kembali.

(video kecelakaan Justin Wilson)

Sebelumnya FIA pernah melakukan riset mengenai kanopi mobil F1 dengan bentuk yang mirip dengan kanopi pesawat tempur juga telah dipelajari namun diragukan faktor keamanannya karena 2 alasan, yaitu faktor pantulan benda asing yang dapat memantul ke arah yang tak terduga sehingga dapat membahayakan penonton ataupun pembalap lain dan faktor sulitnya proses evakuasi pembalap saat mengalami tabrakan.

Salah satu konsep pelindungan kokpit pebalap juga sedang dipelajari oleh Mercedes seperti yang digambarkan oleh situs omnicorse.it milik Giorgio Piola. Seperti pada video tersebut, sebuah konstruksi seperti cincin akan melindungi bagian atas kepala pebalap sedangkan bentuk sirip vertikal dengan sejenis mekanisme pengunci di depan pebalap dapat dibuka dengan mudah saat terjadi tabrakan. Bentuk sirip sebagai penopang cincin tersebut juga dirancang untuk memberikan efek penghalang pandangan yang minim bagi para pengemudi.

Baca juga: