POPULAR STORIES

Mercedes-Maybach S-Class, Sempurnakan Kemewahan

Mercedes-Maybach S-Class, Sempurnakan Kemewahan

KabarOto.com – Mercedes-Maybach S-Class sudah menyapa para penggemarnya dengan kemasan yang lebih anyar. Sedianya, 18 Juni sudah bisa dipesan oleh konsumen di Jerman.

Tak ada yang meragukan kesempurnaan Mercedes-Maybach S-Class dalam menghadirkan sedan mewah. Semenjak diperkenalkan tahun 2015, hingga kini penjualan sudah tembus di angka 60.000 unit. Adapun tahun 2019 saja, pemesanan mencapai 12.000 unit.

Baca juga: Mercedes-Benz S-Class W223 Garapan Mansory, Sporty dan Tetap Mewah



Banyak 'sultan' hingga 'taipan' menggemari Mercedes-Maybach S-Class. Seperti di Tiongkok saja pertumbuhannya hingga dua kali lipat. BEgitu juga dengan Rusia, Korea Selatan, Amerika Serikat hingga Jerman sendiri.

Tentunya akan semakin diminati, diklaim dimensinya akan lebih panjang melihat jarak sumburodanya bertambah 18 cm berbanding Mercedes-Benz S-Class, menjadi 3.396 mm. Hal ini berkat disematkannya jok Executive sebagai standar dan Chauffeur Package. Dipastikan penumpang dibelakang mendapat ruang kerja nyaman dan beristirahat.

"Hadirnya Mercedes-Maybach S-Class terbaru ini menunjukkan progresivitas, pendekatan modern sebagai produk eksklusif yang menjadi perayaan 100 tahun untuk Mercedes-Maybach," ujar Dirk Fetzer, head of Mercedes-Maybach Product Management.

Dirinya menambahkan bahwa konsumen sekarang sangat mengharapkan ekspektasi tinggi dalam hal mengeksklusifkan dan individualitas, desain elegan serta kesempurnaan terbaik berikut teknologi terkini.



Oh iya, Mercedes-Maybach S-Class punya dimensi panjang 5.469 mm, lebar 1.921 mm dan tinggi 1.510 mm. Detail eksterior memang dibuat memesona seperti sirip krom di radiator gril Mercedes-Maybach. Logo indah Maybach juga menghiasi pilar C.

Menikmati indahnya warna two-tone yang membalur bodi Maybach S-Class, sorotan lampu utama berteknologi Digital Light. Memanfaatk modul cahaya dengan tiga LED paling kuat di setiap lampu, terdapat pemantul sebanyak 1,3 juta micro-miror.



Meski bentuk interior tak jauh berbeda dengan Mercedes-Benz S-Class, pastinya penggunaan material lebih mewah untuk Maybach. Hal ini terlihat dari balutan dan material yang terpasang di dasbor, konsol tengah dan sandaran tangan.

Bertabur lima layar di kabin Maybach S-Class, termasuk layar standar 12,8 inci OLED di konsol tengah. Kemudian layar 12,3 inci di depan pengemudi dengan tampilan tiga dimensi yang bisa memantau penguna jalan lain.



Di sekeliling panel instrumen terdapat warna rose gold, warna yang sama untuk temaram kabin melalui pendaran LED. Penumpang belakang ada sambutan penerangan berbeda. Tingkat kecerahan, besaran hingga arah sorotan bisa disesuaikan.

Saat mengakses Mercedes-Maybach S-Class, sesuai permintaan pintu penumpang belakang bisa terbuka secara otomatis.



Paling terkini adalah fitur Drive Pilot, sedianya kondisi berkendara otomatis lansiran Mercedes-Benz akan tersedia di pertengahan kuartal kedua 2021. Cocok melaju di jalan tol ketika lalu lintas padat, Drive Pilot bisa mengambil alih berkendara, namun laju terkencang hanya 60 kpj.

Kesenyapan kabin demi kesempurnaan NVH (Noise, Vibrations, Harshness) menjadi hal utama. Maybach S-Class gunakan peredam busa, diutamakan di area penumpang belakang di bagian kolong roda sebagai salah satunya.



Begitu juga dengan pilar jendela C, ada lapisan peredam yang dekat dengan kepala penumpang. Peredam suara ban berupa busa bisa dipesan sesuai keinginan. Selain itu untuk menekan suara berfrekuensi rendah memaksimalkan speaker bass Burmester high-end 4D surround sound system.

Nah, untuk Maybach S-Class ada dua pilihan dua mesin untuk di Jerman. Yakni Mercedes-Maybach S 580 4MATIC. Andalkan delapan silinder (M176), terintegrasi generasi kedua starter-alternator (ISG) dan 48-volt onboard electrical system.



Klaim tenaga M176 mencapai 503 dk pada 5.500 rpm dan torsinya 700 Nm pada 2.000-4.500 rpm. Mantapnya lagi ada tambahan boost tenaga mencapai 20 dk dan torsinya 200 Nm. Kemampuan akselerasi 0-100 kpj ditempuh 4,8 detik.

Sementara paling dahsyat adalah Mercedes-Maybach S 680 4MATIC, tersemat mesin V12 (M279), bahkan untuk kali pertama dikombinasi sistem gerak empat roda 4MATIC. Perihal transmisinya 9G-TRONIC yang berpadu dengan ISG.

Baca juga: Profil Mercedes-Benz S450 4Matic Luxury



V12 mampu kerahkan tenaga 612 dk pada 5.250-5.500 rpm dan torsinya 900 Nm pada 2.000-4.000 rpm. Melesat 0-100 kpj hanya perlu waktu 4,5 detik. Oh iya, baik S 580 4MATIC dan S 680 4MATIC dibatasi kecepatan tertingginya 250 kpj.

Menebus S 580 4MATIC siapkan saja dana awal 164.101 euro setara Rp 2,833 miliar. Sementara S 680 4MATIC harga awalnya 216.282,50 euro setara Rp 3,734 miliar.