POPULAR STORIES

Mercedes-Benz S-Class 2021, Hadir Dengan Fitur Terbaru

Mercedes-Benz S-Class 2021, Hadir Dengan Fitur Terbaru Sumber Foto : Mercedes-Benz

KabarOto.com – Setelah serangkaian teaser mulai dari bagian interior hingga fitur nan canggih, generasi terbaru Mercedes-Benz S-Class 2021 akhirnya meluncur. Sedan premium asal Jerman ini akan berhadapan langsung dengan rival asal negara yang sama, yaitu Audi A8 dan BMW Seri-7.

Walaupun berhadapan langsung dengan sedan berbagai pabrikan, pihak Mercedes-Benz tidak ragu untuk mengklaim bahwa S-Class W223 disebut sebagai mobil terbaik di dunia. Tentunya klaim ini tidak main-main karena S-Class terbaru ini cukup banyak perubahannya, yuk kita bahas Sob!

Baca Juga : Sirkuit Balap Mercedes-AMG Diresmikan Di Tiongkok, Ini Fasilitasnya

Mulai dari platform, Mercedes-Benz S-Class (W223) 2021 ini menggunakan Platform MRA terbaru. Platform ini dikenal memiliki teknologi yang cukup revolusioner di dalam kabin, platform ini nantinya juga akan dipakai untuk E-Class terbaru.

Untuk pasar Eropa, akan hadir dalam dua versi. Pertama yaitu standar dengan panjang 5.179 mm alias lebih panjang 54 mm dari versi sebelumnya. Lalu varian long wheelbase dengan panjang 5.289 mm. Semakin panjang mobil ini artinya ruang kabin akan lebih luas, terutama bagian leg room dan head room belakang lebih lega. Dan bagasi lebih besar 550 liter atau bertambah 20 liter.

Bicara soal desain, S-Class terbaru ini lebih mewah dengan bahasa desain terbaru. Secara umum, bentuk dari depanya di revisi agar lebih aerodinamis yang bertujuan untuk peningkatan efisiensi bahan bakar dan mengurangi suara angin yang masuk ke dalam kabin. Pada bagian gril depan, lebih besar dan tegas dibandingkan dengan versi sebelumnya, diapit oleh lampu depan baru dengan projector yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED.

Pada bagian samping ada beberapa aksen krom pada bagian kaca yang melingkar serta bagian bawah pintu, lalu terdapat opsi handle pintu model flush. Pada bagian belakang, model lampu berubah dengan bentuk segitiga aksen krom ini sudah full LED.

Masuk ke interior, desain dasbornya sudah berubah total dengan headunit besar model potrait ini berukuran 12,8 inci dengan teknologi OLED dan haptic feedback. Bentuknya juga halus mengalir ke konsol tengah dan minim tombol sehingga terlihat elegan. S-Class terbaru ini sudah menggusung MBUX Gen 2 yang memiliki kemampuan update secara over-the air.

Baca Juga : Meluncur Perdana Di Indonesia All-New Nissan Kicks E-Power Harganya Rp449 Juta

Pada baris kedua, terdapat dua buah layar 11,6 inci yang berada dibelakang kursi depan yang bisa dipakai untuk menggunakan internet, melihat email dan menonton tv.

Fitur Energizing comfort juga hadir untuk memanjakan penumpang belakang, dimana ada enam profil yang bisa dipilih dan secara otomatis mengatur suasana interior dengan mengganti ambient lighting, temperatur kabin, volume audio dan massage feedback tergantung dari profil yang dipilih.

Salah satu mode mengkombinasikan massage function dengan audio 30 speaker premium lansiran Burmeister yang membuat suara 4D, dengan tambahan getaran di kursi untuk suara bass dengan frekuensi yang rendah.

Di pasar Eropa, S-Class terbaru ini akan menggendong mesin 6 silinder turbo berkapasitas 3.000 cc dengan dua varian mild-hybrid 48V dan tiga mesin diesel. Untuk semua varian memakai transmisi otomatis 9 percepatan.

Untuk varian terkencang dengan mesin bensin yaitu S500 4Matic, memiliki tenaga 435 dk dan torsi 500 Nm. Sanggup berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 4,9 detik. Sementara untuk mesin diesel, S400 d merupakan varian paling bertenaga dengan 330 dk dan torsi 700 Nm mampu melesatkan mobil ini 0-100 kpj dalam 5,4 detik. Untuk pasar luar Eropa, nantinya akan hadir dengan mesin V8 dipadukan dengan sistem mild-hybrid 48V, dan varian plug-in hybrid (PHEV) dengan jarak tempuh dalam mode elektrik di klaim tembus hingga jarak 100 km.

Untuk menambah kenyamanan, pihak Mercedes juga mengembangkan fitur berkendara dan keamanan di S-Class 2021, termasuk sistem kendaraan otonom level 3. Sistem semi-otonom ini bisa dipakai di jalanan ramai hingga macet, di mana pengendara bisa mengalihkan perhatian dari mobil untuk sementara.

Fitur Rear-Wheel Steering

Selain itu, terdapat fitur remote parking assist yang membuat mobil dapat parkir sendiri dan bisa dipanggil melalui aplikasi smartphone, walaupun dalam jarak yang tidak begitu jauh. Mobil ini memiliki dimensi lebih panjang, tentu memiliki radius putar yang lebih besar. Namun, pihak Mercedes-Benz memasangkan fitur rear-wheel steering yang membuat radius putarnya setara dengan Mercedes A-Class.

Baca Juga : Covid-19 Masih Mengancam Jakarta, Dyandra IIMS Motobike Expo 2020 Ditunda

Fitur E-Body Active Control Suspension

Terdapat fitur opsional E-Body Active Control Suspension, berfungsi untuk mengangkat salah satu sisi mobil setinggi 80 mm sebelum terjadi tabrakan samping, alhasil dampak kecelakaan bisa dikurangi.

Bicara soal harga, pihak Mercedes belum menyinggung nih Sob. Namun, sudah dikonfirmasi bahwa mobil ini akan mulai dikirim ke diler pada bulan Desember mendatang di Eropa, sementara pasar lain seperti benua Amerika dan negara Tiongkok mulai Febuari 2021 mendatang.