POPULAR STORIES

Mercedes Vision EQXX Pecahkan Rekor Jarak Tempuh Sendiri

Mercedes Vision EQXX Pecahkan Rekor Jarak Tempuh Sendiri Mercedes-Benz

KabarOto.com - Mercedes Vision EQXX berhasil memecahkan rekor jarak tempuhnya sendiri. Sebelumnya mobil listrik yang futuristik ini mencatat rekor 1.007 km ditempuh dari Sindelfingen, Jerman ke Cassis, Prancis.

Rekor terbarunya, Vision EQXX mencatat jarak lebih jauh yakni sekitar 1.202 km yang ditempuh dari Stuttgart, Jerman ke sirkuit Silverstone, Inggris dan mengikuti acara Goodwood Festival of Speed 2022.

Baca juga: Mercedes-Benz Vision EQXX Bisa Tempuh 1.000 Km!

Perjalanan memakan waktu dua hari, 14 jam 30 menit berkendara di jalanan seperti pada umumnya, dan lalulintas padat. Kondisi AC juga menyala selama lebih dari delapan jam perjalanan. Bahkan sempat singgah di toko Mercedes-Benz Grand Prix di Brackley, Inggris.

Ketika di sirkuit Silverstone, pembalap Formula E, Nyck de Vries memacu mobil ini di sekitar trek selama 11 lap dan mencapai kecepatan maksimum kendaraan 140 kpj. Sebelum akhirnya kehabisan daya di pitlane.

Baca Juga : Empat Varian Mercedes-AMG GLE Edition 55 Ditawarkan Di Eropa

Dengan asumsi jarak trek 5.891 km, lalu total putaran maka jarak setara dengan 64.809 km mengemudi biasa. Apabila mobil digunakan pada kecepatan lebih rendah, kemungkinan jarak tempuh bisa lebih jauh dari rekor tersebut.

Mobil ini memiliki volume 50% lebih sedikit dan 30% lebih ringan dari EQS. Baterai dan rangka memiliki berat cukup ringan yakni saja 495 kg. Tenaga berasal dari motor listrik yang menghasilkan 201 dk, distribusi energinya juga sangat efisien sehingga 95 persen energi langsung menuju ke roda.

Sebagai tambahan, terdapat panel surya dengan 117 sel di atap, yang bisa dipakai untuk memberi daya ke beberapa sistem kelistrikkan, seperti blower sistem HVAC, lampu dan sistem infotainment.