Mercedes W13 Lahir, Livery Kembali Terapkan Warna Silver

Mercedes W13 Lahir, Livery Kembali Terapkan Warna Silver

KabarOto.com – Mercedes AMG Petronas telah membuka penutup senjata baru mereka untuk musim 2022. Dinamakan W13, mobil ini bakal digeber oleh Lewis Hamilton dan pembalap baru mereka, George Russell.

Ada yang unik dari W13 ini, pasalnya livery-nya kembali menggunakan warna silver, setelah sebelumnya juara dunia konstruktor itu mengaplikasikan warna full hitam untuk W12.

"Sejak pengerjaan W13 dimulai, saya telah melihat antusiasme yang luar biasa dari anggota tim yang belum pernah ada sebelumnya, berkat skala peluang disediakan oleh peraturan teknis ini," yakin Toto Wolff, Team Principal & CEO Mercedes-AMG Petronas F1 Team.

Kita seperti melihat identitas warna asli dari tim Mercedes, dengan setengah ke atas warna silver, lalu setengah ke bawah hitam, dan aksen melintang di tengah warna hijau Pertronas. Dikembangkan selama 18 bulan dan 98% alami perubahan desain, terutama aerodinamika.

Ada beberapa detail warna merah seperti di bagian atas cover mesin, winglet depan dan spoiler belakang mewakili sponsor Ineos. Serta logo Mercedes menghiasi setengah bodi ke belakang.

Baca Juga : Williams FW44 Berpenampilan Beda Hadapi F1 2022

Detail lain ialah bentuk spoiler depan W13 terlihat lebih menonjol ketimbang mobil lain. Lalu side pod juga punya bentuk lebih mengotak, dan spoiler baru di atas roda juga paling panjang sejauh ini.

"Para teknisi menyukai tantangan dan oleh karena itu ini adalah kesempatan fantastis untuk melakukan sesuatu yang segar. Di dunia aerodinamis, biasanya Anda mengejar bagian-bagian kecil, tetapi dengan perubahan regulasi yang begitu besar, keuntungan telah datang dalam jumlah besar yang cukup besar dan sangat memuaskan," ujar Mike Elliott, Technical Director Mercedes-AMG Petronas F1.

Musim lalu Mercedes AMG Petronas berhasil meraih juara konstruktor dengan total 613,5 poin. Namun gelar juara dunia pembalap harus pupus di Abu Dhabi saat Lewis Hamilton tersusul oleh Max Verstappen (Red Bull) di lap terakhir.

“Ini adalah perubahan besar dalam banyak hal, sangat menarik melihat para desainer dan semua orang berkumpul untuk menemukan cara terbaik untuk menciptakan sebuah mahakarya,” ujar Hamilton.

Baca Juga : Scuderia AlphaTauri AT03 Rilis, Begini Tampilannya

Russel mengungkapkan perasaan luar biasa, meski telah mengendarai begitu banyak putaran di simulator. Dirinya telah melihat semua gambarnya, dan begitu banyak pertemuan dan presentasi tentang W13.

"Tetapi tiba-tiba melihat semuanya bersatu, melihat semua pria dan wanita yang telah bekerja keras dan gigih untuk membuat ini, dan datang bersama-sama di sini, saya pikir itu terlihat luar biasa,” tambah Russell.