Mesin Mobil Dingin Sulit Dinyalakan, Cek Komponen Ini

Ballian Siregar
Ballian Siregar 10 Jan 2018 - 16:01
Mesin Mobil Dingin Sulit Dinyalakan, Cek Komponen Ini
Kepala aki kotor bisa menyebabkan mesin mobil dingin sulit dinyalakan.(istimewa)

KabarOto.com - Pernah mengalami mesin mobil sulit dinyalakan saat dingin. Misalnya, saat pagi hari ketika Anda wajib datang ke kantor lebih awal, tiba-tiba kendaraan ngadat. Apa yang harus Anda lakukan?

Mungkin semua pengendara mobil pernah mengalami hal itu. Tapi, sebenarnya itu tak perlu terjadi jika Anda lebih peduli karena hanya membutuhkan waktu tak sampai sejam.

Baca Juga: Mesin Mobil Mati mendadak? Jangan Panik, Perhatikan Hal ini

Tak perlu membawa mobil Anda ke bengkel untuk urusan ini karena Anda sendiri mampu melakukannya, apalagi harus merogoh kantong dalam-dalam.

Masalahnya sepele. Cukup perhatikan tiga hal penyebab mesin sulit dinyalakan ketika mesin dingin karena istirahat dalam waktu lebih dari 8 jam.

Penyebab pertama, bisa saja karena aliran listrik atau voltage ke aki minim. Akibatnya, mesin tak mampu bekerja optimal.

Hal kedua, terminal aki kendur, kotor atau berkarat. Karena itu, jangan biarkan hal itu terjadi agar mesin mudah dinyalakan dalam kondisi apa pun.

Poin ketiga kerap terjadi namun tak disadari, yakni jarak antara busi dan sumbunya renggang. Akibanya, kompresi mesin menjadi rendah.

Langkah yang sangat sederhana dalam merawat mobil Anda. Tapi, kita kerap lengah karena hal kecil seperti itu. Kita selalu fokus dengan masalah besar, namun tak jarang hal sepele justru jadi sandungan.