Meski Berada Di Posisi 11 Di Mandalika, Enea Bastianini Masih Duduki Pucak Klasemen MotoGP

Meski Berada di Posisi 11 di Mandalika, Enea Bastianini Masih Duduki Pucak Klasemen MotoGP Enea Bastianini (Foto: Federal Oil)

KabarOto.com - Pembalap Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini, finis posisi 11 di Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung Minggu kemarin (20/03) di sirkuit Mandalika. Enea masih mendapat 5 poin untuk tetap bertahan di puncak klasemen pembalap. Saat ini ia mengantongi 30 poin pasca kemenangan di Qatar.

Lintasan sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km diguyur hujan deras jelang balapan. Jalannya lomba sempat diundur untuk menunggu hujan berhenti, bahkan dipendekkan menjadi 20 lap dari seharusnya 27 lap.

Kondisi lintasan basah, menjadi kendala selepas start karena percikan air dari pembalap di depan yang membuat pandangan jadi terhalang.

Baca juga: Enea Bastianini Nikmati Keindahan Sirkuit Mandalika

Fabio Di Giantonio (Foto: Federal Oil)

Enea mengatakan, selama balapan dia harus mewaspadai agar bisa mengendarai motor dengan baik. "Pada awal lap saya tak bisa melihat apapun karena kondisi lintasan yang basah, membuat saya lebih berusaha," terangnya.

Akhirnya secara bertahap pembalap nomor 23 ini bisa menguasai keadaan. "Bisa mendapat ritme dan bisa kembali kencang terutama di sisa sepuluh lap akhir," ujar Enea.

Ia pun mengaku sempat memyesal saat sudah pimpin rombongan di depan, hingga mendapat tekanan dari pembalap lain.

"Saya dipaksa melebar di tikungan dua oleh Darryn Binder, padahal saya sudah melewati rombongan pembalap ini, akhirnya memaksa saya mengekor di rombongan," ceritanya. Beruntung Enea bisa memperbaiki dengan menempati posisi sebelas tidaklah buruk.

"Padahal sebenarnya bisa finis posisi delapan, maaf atas kejadian ini, tapi ini penting untuk menambah poin pada balapan yang luar biasa," tambah Enea.


Sementara itu, Fabio Di Giannatonio sebagai pembalap baru di MotoGP mengakui mendapat pengalaman mengagumkan balapan di kondisi hujan, bisa bertahan finis posisi 18.

"Tak bisa diungkapkan bahagianya bisa berada di grup depan. Menunjukkan bisa mempertahankan posisi hingga akhir,” ungkap Fabio Di Giannatonio.

Fabio Di Giannatonio sedikit kecewa dengan kondisi hujan deras sebelum balapan, benar-benar hal baru buat dirinya untuk melanjutkan motor di kondisi lintasan basah.

"Bagaimanapun juga saya senang karena ini menjadi pengalaman terbaik. Kita harus berusaha sementara ini. Tapi ini bagian dari proses pembelajaran," ujarnya.

Baca juga: Jadi Jawara Di MotoGP Qatar, Federal Oil Harap Enea Bastianini Podium Di Mandalika

Patrick Adhiatmadja, Executive Advisor PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) dan PT Federal Karyatama (PT FKT) mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Enea untuk tetap bisa mempertahankan posisi di puncak klasemen. Serta proses belajar Diggia yang baru saja hijrah ke MotoGP.

"Kedua pembalap sudah melakukan yang terbaik saat kondisi hujan di sirkuit Mandalika," sebut Patrick Adhiatmadja. Enea menurut dia sudah menunjukkan perannya sebagai pembalap bertalenta dengan meraih tambahan poin untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen.

Begitu juga denganFabio Di Giannatonio berjuang untuk dapat hasil terbaik di Mandalika. "Semoga hasil ini bikin bangga Indonesia karena Federal Oil mendukung penuh Gresini Racing di kelas MotoGP," tutup Patrick Adhiatmadja.