Meski Laris Manis, Hong Guang MINI EV Untung Tipis

Meski Laris Manis, Hong Guang MINI EV Untung Tipis

KabarOto.com – Meskipun diprediksi laris manis di pasaran, mobil listrik Hong Guang MINI EV hasil kolaborasi General Motors dan Wuling diklaim mengantongi keuntungan yang pas-pasan.

Beberapa analis memprediksi, mobil listrik asal Tiongkok ini dapat terjual sebanyak 400.000 unit pada tahun ini. Menurut beberapa laporan, GM dan Wuling hanya mengantongi keuntungan US$13,73 dari setiap penjualan Hong Guang MINI EV.

Baca Juga : Memahami Internet On Vehicle Di Wuling Almaz RS

Namun, GM dan Wuling tidak ambil soal keuntungan yang tipis tersebut. Sebab, jika menghitung keuntungan secara keseluruhan, kolaborasi ini dapat menghasilkan keuntungan hingga US$5,5 juta.

Kabarnya, strategi penjualan Hong Guang MINI EV ini merupakan tes pasar untuk mengetahui seberapa besar pasar mobil listrik mungil tersebut. Selanjutnya, GM dan Wuling akan mempersiapkan rencana yang lebih besar, termasuk produksi dan menjaring konsumen yang lebih luas.

Baca Juga : Wuling Almaz RS Jadi Kuda Hitam, SUV Tiongkok Kian Diminati

Sebagai informasi, ditawarkan dalam pilihan motor listrik 13 kW atau setara 17,4 dk dan baterai 9,2 kWh atau 13,8 kWh. Jarak tempuhnya sendiri mencapai 120 km hingga 170 km untuk pilihan baterai yang lebih besar.

Soal harga, Hong Guang MINI EV dibanderol US$4.500 atau setara Rp60 jutaan. Meski tidak punya desain dan teknologi yang canggih seperti merek lain, namun mobil listrik mungil ini berhasil mencuri hati masyarakat di Tiongkok karena mengusung mobil kompak dan harga yang terjangkau.