POPULAR STORIES

Memahami Internet On Vehicle Di Wuling Almaz RS

Memahami Internet on Vehicle di Wuling Almaz RS

KabarOto.com – Hadirnya Wuling Almaz RS memberikan benchmark tersendiri bagi Sport Utility Vehicle (SUV) di kelasnya. Sebab, mobil yang dibuat di Indonesia ini punya segudang fitur unggulan selain dari mesin disokong turbo.

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) merupakan fitur terkini yang melengkapi Wuling Almaz. Sebelumnya sudah dikenal adalah fitur Wuling Indonesia Command (WIND).

Baca juga: Wuling Almaz RS Jadi Kuda Hitam, SUV Tiongkok Kian Diminati

Adapun di Wuling Almaz RS kian lengkap, berkat WIND dan tentunya inovasi terbaru WISE. Salah satu bagian dari WISE adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari 4 kategori dan 12 fitur yang memberikan pengalaman berkendara unik. Ini juga yang membuatnya digadang sebagai model flagship Wuling.



Beberapa tulisan sebelumnya di KabarOto sudah mengulas WISE. Namun ada yang unik di mobil yang banderolnya mulai dari Rp 340,8 juta ini adalah Internet on Vehicle (IoV). Pelajari selengkapnya mengenai Wuling Almaz RS di sini.

Ketika kami konfirmasi ke Dimas Agus, App Operation Wuling Motors, dirinya menjelaskan secara gamblang bahwa, “Teknologi IoV dapat mengoperasikan berbagai fitur canggih mulai dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key yang dioperasikan melalui ponsel pintar.”

Dirinya juga menambahkan operasional IoV melalui head unit terdiri dari Online Navigation, Online Music, hingga Internet Messaging App yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, yakni WIND.

Dimas Agus menjelaskan secara spesifik bahwa Vehicle Remote Control adalah fitur untuk kendali jarak jauh kendaraan melalui ponsel pintar. Bisa untuk memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin, serta membuka-tutup jendela, membuka dan mengunci pintu dan tailgate.



Melanjutkan yang mendukung IoV adalah Fitur Geo Fencing. Berfungsi sebagai “pagar elektronik” dengan radius tertentu di sekitar kendaraan sebagai fitur keamanan. Pengguna dapat menetapkan untuk mengatur radius serta notifikasi untuk kendaraan memasuki radius geofence atau keluar dari radius.

“Jika kendaraan keluar atau memasuki area yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna,” yakin Dimas.

Menjelaskan perihal Bluetooth Key memungkinkan pengguna mendapatkan akses kendaraan seperti halnya kunci fisik, “Misalnya untuk membuka dan mengunci pintu, menyalakan mesin dengan engine start stop button tanpa harus membawa kunci fisik kendaraan melalui sambungan Bluetooth dari gawai pintar pengguna,” yakin Dimas.

Baca juga: Bedah Fitur WISE Milik Wuling Almaz RS

Pria ramah ini menyatakan bahwa untuk bisa mengoperasikan memerlukan aplikasi My Wuling+, pengguna wajib memiliki akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi. Selanjutnya mendaftarkan kendaraan di menu kendaraan atau tambahkan kendaraan, masukkan data kendaraan seperti Nomor VIN/Nomor Kendaraan dan nama pemilik kendaraan sesuai dengan STNK serta seluruh informasi terkait untuk menyelesaikan pendaftaran kendaraan.

Melalui halaman IoV di My Wuling+ klik lambang Bluetooth, pilih salah satu metode mengikat kunci Bluetooth (QR Code/pilih dari daftar) tunggu beberapa saat hingga muncul perintah untuk menyalakan mesin. Kemudian nyalakan mesin mobil (Matikan dahulu mesin mobil jika sudah pada kondisi menyala sebelumnya kemudian nyalakan mesin mobil lagi) jika sudah ada tampilan mobil berhasil diikat klik OK maka pengikatan kunci Bluetooth telah berhasil.