Meski Pakai Mesin Lebih Kecil, Tenaga Land Rover Discovery Terbaru Tetap Sangar Sob!

 Meski Pakai Mesin Lebih Kecil, Tenaga Land Rover Discovery Terbaru Tetap Sangar Sob! Land Rover Discovery 2.0 (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), yang berperan sebagai Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, resmi memperkenalkan varian terbaru dari Land Rover Discovery di Senayan City, Jakarta Selatan.

Bila dilihat, tak ada perbedaan yang mencolok pada tampilan Discovery dengan pilihan mesin baru ini. Namun pada Discovery terbaru kali ini, terdapat pembeda berupa warna atap yang sewarna dengan bodi dan penggunaan pelek berukuran 20 inci dengan desain baru yang menjadikan tampilannya semakin segar.

Di dalam kabin, Discovery dirancang untuk menampung 7 penumpang agar 95% orang dewasa dapat dengan leluasa duduk di bangku paling belakang. Yang menarik, Discovery juga mengusung teknologi pelipatan bangku yang pintar sehingga sang pemilik dapat mengatur konfigurasi bangku di baris kedua dan ketiga secara elektrik cukup melalui sentuhan tombol.

Melipat bangku hanya dengan sentuhan tombol

Untuk menambah kenyamanan di dalam kabin, sistem audio kini menggunakan lansiran Meridian Sound System serta telah tersedia WiFi hotspot untuk mengakomodir kebutuhan akses internet bagi penumpangnya. Sistem infotainment kini telah mendapatkan Interactive Driver Display dan untuk memantau kondisi sekitar mobil telah tersedia 360 derajat Surround Camera.

Head unit dengan layar sentuh

Baca juga: Range Rover Sentinel, SUV Mewah Yang Tahan Ledakan Bom

Di bangku baris kedua juga tersedia 2 port USB untuk mempermudah penumpang belakang mengisi ulang baterai gawainya. Paling menarik dari mobil ini adalah sumber tenaga di balik kapnya.

Mesin 2.0L 4 silinder Turbo bertenaga 300 dk

Discovery kini menggunakan mesin 4 silinder segaris dengan tambahan turbocharger, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 300 dk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm di rentang 1.500 – 4.000 rpm.

Sebelumnya, Discovery hanya mengusung mesin V6 3.0L supercharger. "Ini menjadi mesin 2.0L kita yang paling powerfull. Mesin ini juga dipakai oleh mobil2 hybrid kami," ungkap Jentri Izhar, Brand Director Jaguar dan Land Lover Indonesia – PT Wahana Auto Ekamarga.

Tak mengherankan bila selisih dari mesin 2.0L pada Discovery terbaru ini hanya lebih kecil 40 dk dibanding versi mesin 3.0L. "Mesin baru ini juga menawarkan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang," jelas Jentri kepada KabarOto.

Mampu memuat 7 penumpang dengan kemampuan off road mumpuni

Mesin yang merupakan bagian dari keluarga mesin Ingenium milik Jaguar Land Rover ini menyalurkan tenaganya ke roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan lansiran ZF yang telah dilengkapi dengan Command Shift.

Baca juga: Tampilan Berubah Drastis, Land Rover Luncurkan Defender Terbaru Tahun Depan

Untuk kemampuannya di berbagai medan, Discovery telah dilengkapi fitur Land Rover Terrain Response 2 yang menyuguhkan berbagai pengaturan pengendalian kendaraan sesuai dengan medan yang akan dihadapi.

Dengan suspensi udaranya Discovery bahkan mampu melewati genangan air hingga kedalaman 900 mm. Land Rover Discovery dengan mesin 2.0L ini memiliki banderol harga Rp 2,499 miliar (off the road).