Tampilan Berubah Drastis, Land Rover Luncurkan Defender Terbaru Tahun Depan

Tampilan Berubah Drastis, Land Rover Luncurkan Defender Terbaru Tahun Depan Land Rover Defender (ist)

KabarOto.com - Bisa dibilang, Defender adalah salah satu produk Land Rover paling legendaris dan ikonik, dengan kemampuan melintasi medan off road yang sangat mumpuni. Tak heran bila Defender memiliki begitu banyak penggemar, yang tersebar di seluruh dunia.

Setelah 22 tahun di produksi, pada 2016 lalu Land Rover akhirnya mengakhiri perjalanan Defender. Keputusan pabrikan asal Inggris tersebut, banyak menuai kekecewaan dari para penggemar setianya.

Baca Juga: Ini Dia Tampilan Toyota Avanza 2019 Terbaru Sob!

Namun nampaknya kekecewaan itu tak akan berlangsung lama, sebab Land Rover tengah meyiapkan generasi penerus dari Defender yang menurut rencana akan mulai dijual di Amerika Serikat dan Kanada mulai 2019.

"Ada beberapa mobil yang dicintai di seluruh dunia dan mewakili merek, negara, dan cara hidup yang berbeda. Land Rover Defender adalah kendaraan yang luar biasa," kata Kim McCullough, Wakil Presiden Pemasaran Jaguar Land Rover Amerika Utara.

Tampilan belakang terlihat modern mirip Discovery 3

Bila dilihat, desain ekteriornya berubah secara drastis. Walaupun masih dibalut lapisan kamuflase, namun rasanya tak lagi nampak kesan 'berotot' dan maskulin dari bodi kotak Defender sebelumnya. Meski tetap menganut desain boxy, namun Defender anyar ini terlihat lebih manis dan modern, layaknya desain produk Land Rover lainnya seperti Discovery terbaru.

Sebelum Defender baru diperkenalkan, para insinyur Land rover akan menguji berbagai prototipe dalam berbagai kondisi yang terbilang cukup ekstrim, termasuk beroperasi dalam suhu dari -40 hingga 48 derajat Celcius.

Tak hanya itu, sebagai kendaraan penjelajah segala medan, Defender baru juga menjalani ujicoba di jalur off road dengan ketinggian lebih dari 13.000 kaki di atas laut. Land Rover mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan agar menghasilkan produk yang handal seperti Defender generasi sebelumnya.

Siap menyapa penggemarnya di 2020

Sayangnya, Land rover belum merilis lebih lanjut mengenai spesifikasi Defender terbaru, baik interior maupun dapur pacu yang akan disandangnya. Namun, Land Rover menegaskan bahwa Defender baru akan menggunakan platform MLA JLR, dengan desain eksterior dan interior yang baru, teknologi bantuan pengemudi canggih, serta sistem konektivitas.

"Atas nama Land Rover dan dealer kami, kami dengan bangga mengumumkan Defender baru akan dijual di sini mulai 2020. Pengumuman ini adalah hadiah untuk penggemar Defender kami di Amerika Utara, yang tak sama menanti kehadiran model terbaru ini," kata Kim.

Baca Juga: Tujuh Bagian Mobil Yang Harus Dicek, Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Untuk informasi, antara tahun 1993 sampai 1997, Defender pernah dijual di wilayah Amerika Utara dengan model North American Specification (NAS). Namun, konversi ke spesifikasi NAS dianggap tidak menguntungkan, dan Land Rover akhirnya menghentikan model tersebut untuk Amerika Utara.

Karena saat itu unit yang terjual sedikit, maka saat ini Defender NAS masuk kedalam model yang langka, sehingga banyak dicari oleh para kolektor.