Tujuh Bagian Mobil Yang Harus Dicek, Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Tujuh Bagian Mobil yang Harus dicek, Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Ilustrasi pengecekan mobil (ist)

KabarOto.com - Saat ini kita sedang berada di penghujung tahun 2018. Banyak orang yang memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga, untuk scekadar melakukan penyegaran atau refreshing setelah setahun penuh bekerja.

Melakukan perjalanan liburan di dalam atau ke luar kota dengan menggunakan mobil, adalah salah satu aktifitas yang masih menjadi pilihan favorit masyarakat.

Baca Juga: Nissan Fairlady 350Z (Z33) Ini Disesaki Part Modifikasi Kekinian

Bepergian dengan menggunakan mobil tidak hanya harus menyiapkan fisik pemudik agar prima, namun juga kondisi mobil harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan jauh tidak terganggu. Kurangnya pemeriksaan terhadap mobil, dapat menimbulkan masalah yang diakibatkan karena kurang telitinya atau jarang dalam memeriksa mobil.

"Sangat penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan mudik, yang tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja," ujar Indra Nugraha Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, bahwa terdapat beberapa point atau bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu. Sebelum hendak melakukan perjalanan jauh. Nah, berikut ini adalah daftar 7 bagian yang wajib diperiksa :

Oli mesin, transmisi, dan gardan

Mobil yang digunakan pada saat liburan harus selalu menggunakan oli dengan kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan, melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Lakukan pergantian oli

Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan jauh, adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kondisi perjalanan yang tidak terduga.

Kelistrikan dan air aki

Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, karena dengan begitu kita dapat mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan, karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan Anda.

Filter udara

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang ac ctau berat, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, bahkan mesin ngadat.

Baca Juga: Modifikasi Wuling Confero S, Keren Dengan Gaya Turing

Tekanan angin

Menambahkan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan Anda, membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, dan juga dapat menghemat bahan bakar.

Air radiator

Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat, maka jangan mengabaikan juga komponen ini.

Cek level air radiator

Kondisi wiper blade

Wiper butuh pengecekan rutin, melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil dari segala kotoran yang menempel. Agar pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu, apalagi saat ini dalam kondisi musim hujan.

Sistem penerangan dan lampu

Kemudian cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.