POPULAR STORIES

Meski SPK Naik, Daihatsu Tak Yakin Bisa Penuhi Permintaan

Meski SPK Naik, Daihatsu Tak Yakin Bisa Penuhi Permintaan

KabarOto.com - Pemerintah mulai memberikan insentif PPnBM 0% untuk industri otomotif. Hal ini langsung berdampak pada penjualan mobil. Berbagai merek sudah merasakannya, salah satunya adalah Astra Daihatsu Motor (ADM).

Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari unit mobil Daihatsu Xenia, Terios, Gran Max MB, dan Luxio yang mendapat keringanan meningkat drastis sejak awal Maret 2021 lalu.

Baca juga: Ini Estimasi Biaya Daihatsu Terkait Recall Akibat Pompa Bahan Bakar

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), memaparkan sepanjang 1-7 Maret 2021, SPK model yang mendapat relaksasi mengalami lonjakan hingga 233% dibandingkan Februari 2021.

Tak hanya model yang mendapatkan relaksasi, model lainnya juga mengalami peningkatan sebesar 133%. Artinya secara total, SPK Daihatsu naik 161% pada perbandingan periode tersebut.

"Adanya relaksasi PPnBM ini kami yakin akan berdampak positif," terangnya.

Hendrayadi juga yakin, penambahan ini bukan hanya diawal, tetapi akan merata. Sementara itu, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memaparkan, meski permintaan meningkat, tapi belum tentu bisa memenuhi semua permintaan.

"Permintaan naik luar biasa, namun secara supply kami belum tentu bisa memenuhinya. Bikin mobil gak kayak bikin roti yang gampang," ujar Amelia.

Alasan Amelia, dalam perakitan sebuah mobil, ada ribuan item dan ratusan vendor yang dibutuhkan.

Dan semua itu tersendat akibat pandemik Covid-19. Hal itu membuat perusahaan tidak bisa memproduksi mobil secara optimal seperti sebelum pandemik.

Baca Juga: Komponen Pompa Bensin Bermasalah, Daihatsu Recall 97.290 Unit Mobil

"Saya yakin akan terjadi inden. Ada kemungkinan konsumen marah, ini kami harus edukasi ke konsumen," tambahnya. Namun kemungkinan, konsumen yang sudah melakukan pemesanan saat ini unitnya akan didapat sebelum lebaran. Dengan stok yang dimiliki saat ini.