POPULAR STORIES

Review Mobil Bekas: Mewah Dan Elegannya Nissan Serena HWS CVT

Review Mobil Bekas: Mewah dan Elegannya Nissan Serena HWS CVT Nissan Serena C26 tahun 2013

KabarOto.com - Nissan memiliki sebuah MPV yang cukup banyak diminati konsumen Indonesia, yang menginginkan kendaraan lega dan mampu membawa banyak barang serta keluarga besar. Beberapa di antaranya adalah Nissan Evalia, Serena dan Elgrand. Namun kali ini, KabarOto akan mengulas tentang Nissan Serena.

Nissan Serena generasi ini diberi kode bodi C26. MPV ini cukup megah, dan banyak masyarakat Indonesia yang menggunakannya dengan alasan daya angkut penumpang dan kenyamanan. Menempati posisi kelas di atas Evalia dan di bawah Elgrand.

Baca Juga: Sejarah Nissan Serena Sejak 1996 Hingga 2019

Nissan Serena C26 di kelasnya bersaing dengan Toyota Nav1 dan Mazda Biante. Sama-sama menyuguhkan kenyamanan untuk penumpangnya, lalu apa yang membuat MPV ini jadi salah satu pilihan?

Review mobil bekas kali ini akan mengulas Nissan Serena HWS (C26) bertransmisi CVT lansiran 2013. Tampilan desainnya tidak lagi kotak seperti generasi sebelumnya (C24), lebih besar dan terlihat megah. Lampu utamanya cukup besar, tidak sipit seperti mobil-mobil yang diproduksi saat ini.

Didukung lampu HID serta auto on/off. Sayang, DRL belum disematkan pada generasi ini, baru ada di generasi setelahnya yang facelift. Kesempurnaan ditambah gril aksen krom lebih besar dari versi sebelumnya.

Dilihat dari samping, tampilannya lurus memanjang, tanpa banyak lekukan, hanya ada di bagian fender dan area sliding door. Seperti MPV premium pada umumnya, Nissan Serena ini sudah dibekali dengan sliding door di bagian kanan dan kiri yang bekerja secara elektrik.

Baca Juga: Ini Cara Tingkatkan Kinerja Mesin MR20 Nissan X-Trail Dan Serena

Tampilan bodi luarnya, Nissan Serena C26 HWS memiliki perbedaan mencolok dengan varian standar. Tipe ini menggunakan model bumper depan yang lebih besar, sisi samping ada side skirt, dan sebuah moonroof. Yup, moonroof karena kaca ini tidak bisa dibuka layaknya sunroof. Hanya ada penutupnya agar penumpang tidak kepanasan.

Urusan kaki-kaki, Nissan Serena sudah menggunakan pelek berdiameter 16 inci, dengan ban berukuran 195/60R16. Meski untuk mobil sebesar ini termasuk kecil, namun dengan tapak bannya yang lebar terlihat gagah dan stabil jika dikendarai.

Ini sekaligus jadi risiko pemiliknya. Bodi bongsor ketika bertemu kondisi jalan di Tanah Air yang lebih banyak tidak rata. Alhasil komponen ini riskan bermasalah. Misal saja keluhan dari Rio, pemilik Serena C26 tipe HWS lansiran 2013, harus ganti bearing roda seharga Rp 1,1 juta per sisi di toko spesialis.

"Waktu itu keluhannya bunyi dengung halus. Jadi sempat bingung antara ban atau belt. Begitu dicek, ternyata memang benar dari bearing. Harganya lumayan mahal karena bearing ini gabung sm wheel hub. Cukup besar dimensinya," papar Rio.