Mewahnya Aurus Senat, Versi Sipil Mobil Kepresidenan Vladimir Putin

Mewahnya Aurus Senat, Versi Sipil Mobil Kepresidenan Vladimir Putin Aurus Senat (ist)

KabarOto.com - Pada bulan Mei lalu, Vladimir Putin datang ke pelantikan dirinya sebagai Presiden yang terpilih kembali untuk memimpin Rusia, dengan menggunakan sebuah mobil limosin supermewah.

Mobil dengan kode 'Kortezh' tersebut dibuat secara khusus, dengan spesifikasi dan persyaratan keamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan sang Presiden.

Kini kemewahan mobil Presiden tersebut, juga dapat dinikmati oleh masyarakat biasa. Pasalnya Central Scientific Research Automobile dan Automotive Engine Institute (NAMI) Rusia, telah membuat versi sipil dari mobil tersebut.

Mobil ini dibuat di Rusia dengan menggunakan merek baru bernama Aurus, yang artinya aurum (emas) dan rus untuk Rusia. Mobil mewah yang dinamakan Senat ini hadir dalam 2 pilihan wheelbase, short dan long.

Baca Juga: Wow... Bugatti Chiron Ini Dibuat Dari Lego, Dan Bisa Jalan Loh!

Lawan berat Mulsane dan Phantom

Untuk yang short wheelbase (SWB), Senat memiliki panjang 5.630 mm dengan wheelbase 3.300 mm. Sebagai perbandingan, lawan terberatnya di pasar yaitu Rolls Royce Phantom SWB, punya panjang 5.762 mm dan wheel base 3.552 mm.

Senat tipe SWB memang punya ukuran yang lebih pendek dari Phantom. Namun untuk yang long, jauh lebih panjang dari Phantom.

Senat long wheel base (LWB) memiliki panjang 6.630 mm dengan wheel base mencapai 4.300 mm, sedangkan Phantom yang juga tipe LWB, panjangnya hanya 5.982 mm dan wheelbase 3.772 mm.

Seperti di luar, pada bagian dalam mobil yang sudah diluncurkan pada ajang Moscow Motor Show 2018 baru-baru ini, tampil dengan desain yang supermewah.

Jok dengan balutan kulit berkualitas

Terdapat jok nyaman dengan balutan kulit kualitas nomor satu, trim dengan lapisan kulit kayu pilihan, berpadu aksen metalik yang membuatnya makin elegan. Sistem informasi Senat terlihat modern, karena mengunakan instrumen cluster, serta infotainment serba digital.

Tampilan interior yang mewah

Kompartemen penumpang belakang juga mewah, karena ada jok belakang yang bisa direbahkan dan meja kecil yang bisa dilipat. Model ini juga memiliki lemari es dan gelas yang terbuat dari kristal.

Aurus menyediakan 2 pilihan mesin untuk Senat, salah satunya V8 4.4 liter hybrid. Dapur pacu ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 590 dk serta torsi sebesar 880 Nm.

Sedangkan motor listriknya, mampu menyumbang tenaga tambahan sebesar 40 dk, dan disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 9 percepatan.

Tenaga yang besar dari mesin yang dikembangkan bersama Porsche itu, memungkinkan mobil mewah ini untuk berakselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam waktu kurang dari 6 detik.

Baca juga: Gagahnya Sosok Mobil Kepresidenan Vladimir Putin

Bagi yang merasa kurang dan ingin mendapat performa lebih, Aurus menyediakan mesin berkapasitas lebih besar, V12 6.6 liter. Mesin ini disebut memiliki tenaga hingga 848 dk, jauh lebih besar dari Phantom (563 dk).

Satu hal yang membuat Senat lebih unggul dari Phantom adalah sistem penggerak rodanya yang mengunakan all wheel drive.

Peluncuran di Moscow Motor Show

Rencananya, Senat akan mulai dijual di Rusia awal tahun depan, dan setelah itu juga akan ditawarkan untuk pasar internasional. Sayangnya, harganya masih belum dikonfirmasi.

Namun Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, mengatakan bahwa Senat akan memiliki harga setidaknya 20% lebih murah, daripada mobil buatan Bentley dan Rolls-Royce.

Berita Terkait

Berita Terkait