Wow... Bugatti Chiron Ini Dibuat Dari Lego, Dan Bisa Jalan Loh!

Wow... Bugatti Chiron Ini Dibuat dari Lego, dan Bisa Jalan Loh! Bugatti Chiron Lego (Lego)

KabarOto.com - Rasanya hampir semua orang di masa kecilnya pernah memainkan balok susun bernama Lego. Mainan yang ditemukan oleh Ole Kirk Kristiansen pada tahun 1932 tersebut, menjadi salah satu mainan legendaris yang eksis hingga saat ini.

Lego yang berbahan plastik, dapat disusun menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari gedung, rumah, hingga mobil. Pada bulan Juni, Lego menghadirkan paket mainan model Technic, yang dapat disusun menjadi Bugatti Chiron dengan skala 1:8.

Namun beberapa hari yang lalu, Lego berhasil membuat rekor. Karena baru saja membuat Bugatti Chiron dengan ukuran yang persis dengan aslinya. Bukan sekadar replika, namun Chiron Lego ini juga bisa dikemudikan dan memiliki kecepatan yang lumayan kencang.

Baca Juga: Inspirasi 2 Contoh Modifikasi Simpel DFSK Glory 580

Pelek dan logo di gril menggunakan asli milik Chiron

Model Bugatti Chiron ini sekaligus merupakan konstruksi bergerak skala besar pertama, yang berhasil dikembangkan oleh Lego. Dengan menggunakan lebih dari 1.000.000 elemen Lego Technic, Chiron Lego tersebut dapat berjalan dengan menggunakan motor dari platform Lego Power Function.

Karena punya dimensi besar mirip dengan aslinya, untuk membuatnya dapat berjalan, Lego tak hanya memasang satu motor, namun mencapai 2.304 motor berukuran kecil, yang berpadu dengan 4.032 roda gigi Lego Technic.

Bila Chiron asli punya semburan tenaga 1.500 dk, mesin mobil dengan berat total 1,5 ton ini hanya sanggup menghasilkan 5,3 dk dan torsi 92 Nm.

Tenaga yang cukup lumayan untuk sebuah mainan, yang dibangun tanpa bantuan lem sama sekali. Apalagi torsinya mirip dengan sepeda motor bebek berkapasitas 100 cc. Hasilnya, mobil tersebut dapat melaju hingga kecepatan lebih dari 20 kpj.

Baca Juga: Toyota Corona Absolute ST 191 1997 Tampang Kalem Ini Pakai Mesin Mobil Reli

“Model seukuran ini adalah yang pertama dari jenisnya, dan kami ingin mendorong batas-batas imajinasi kita sendiri. Selama lebih dari 40 tahun, Lego Technic telah memungkinkan para penggemarnya dari segala usia, untuk menguji kreativitas mereka," ujar Lena Dixen, Wakil Presiden Senior Produk dan Pemasaran Lego Group.

Lebih lanjut Lena mengatakan, bahwa Bugatti Chiron ini sangat detail dan terkesan sangat hidup, serta terlihat sangat sangat mirip dengan mobil aslinya. Hebatnya lagi, mobil ini dapat diisi oleh dua penumpang, termasuk pengemudi.

Dari jauh terlihat sangat mirip

Bila dilihat dari jarak yang berdampingan, kedua mobil itu memang terlihat sangat mirip. Bahkan sulit dibedakan bila dilihat dari jarak 20 meter.

Perbedaan mencoloknya hanya terlihat dari struktur bodi Chiron Lego yang lebih kasar, karena penggunaan balok susun berbahan plastik dari elemen Lego Technic.

Tak hanya luar, bagian dalamnya pun juga dibuat mirip dengan aslinya. Terlihat dari kursi, dasbor, hingga roda kemudi.

Spoiler belakang dengan sistem hidrolik

Menariknya, Chiron Lego juga dilengkapi dengan spoiler belakang, spidometer, lampu depan dan belakang, dan pedal rem. Lego mengklaim bahwa semua komponen tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

"Model ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk setiap penggemar Lego. Proses membangun mobil itu membutuhkan penggunaan 339 jenis elemen Lego Technic dan lebih dari 13.000 jam kerja pembangunan dan konstruksi," jelas Lena dalam laman resmi Lego.

Baca juga: Wow... Baru Diluncurkan, Bugatti Chiron Divo Seharga Rp 84 Miliar Ludes Terjual

Setelah jadi, mobil tersebut sempat diuji coba oleh Andy Wallace. Mantan pembalap yang berhasil membukukan beberapa kemenangan di berbagai ajang, seperti 24 Jam Le Mans dan Daytona, serta banyak balapan lainnya.

"Mengemudi Lego Chiron adalah pengalaman hebat, yang sangat kusukai. Bertahun-tahun yang lalu aku tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari aku akan benar-benar mengendarai mobil Lego," ujar Andy yang kini menjadi driver uji Bugatti. Keren ya!