Wow... Baru Diluncurkan, Bugatti Chiron Divo Seharga Rp 84 Miliar Ludes Terjual

Wow... Baru Diluncurkan, Bugatti Chiron Divo Seharga Rp 84 Miliar Ludes Terjual Bugatti Chiron Divo (ist)

KabarOto.com - Setelah beberapa kali membuat penasaran para pecinta hypercar di dunia dengan teaser-teasernya yang muncul di internet, Bugatti akhirnya secara resmi meluncurkan generasi terbaru dari Chiron, bernama Bugatti Chiron Divo.

Divo diluncurkan di ajang Pebble Beach, California beberapa waktu lalu. Dilansir dari Newatlas.com, harga mobil ini cukup fantastis, mencapai US$5,8 juta atau sekitar Rp84 miliar.

Acara peluncuran

Asal muasal kata Divo sendiri diambil dari nama pembalap Albert Divo asal Prancis, yang sudah mengharumkan nama Bugatti dengan memenangkan perlombaan Targa Florio pada tahun 1920.

Baca juga: Ini Motor Gahar Jokowi Yang Dipakai Saat Pembukaan Asian Games 2018

Saudara dari Chiron ini mengusung konfigurasi mesin yang sama, namun memiliki kemampuan yang berbeda. Bila Chiron spesialis dalam melahap lintasan lurus hingga kecepatan puncak 420 km/jam, beda dengan Divo yang hanya mampu melesat hingga kecepatan 380 km/jam.

Tampil agresif dengan garis tajam

Tetapi bila lintasan balap yang banyak tikungannya, Divo dapat dipastikan lebih unggul dari Chiron. Rahasianya bukan dari racikan rahasia mesin 8.000 cc bertenaga 1.479 dk atau torsi sebesar 1.600 Nm, melainkan dari bentuk eksterior dan fitur spoiler aktif pada Divo yang mendukung aerodinamika ketimbang desain eksterior Chiron.

Dalam pengetesan internal yang dilakukan Bugatti di sirkuit Nardo di Italia, Divo berhasil mencatatkan waktu terbaik dengan selisih hingga 8 detik dari Chiron.

"Dalam kasus Divo, para teknisi dan desainer menciptakan sebuah kendaraan yang fokus pada kecepatan menikung dan dinamika lateral," kata Direktur Desain Bugatti Automobiles, Achim Anscheidt.

Lekuk desain tegas hingga ke bagian belakang

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Divo adalah contoh masa depan dari filosofi desain 'bentuk mengikuti performa' dari Bugatti. Selain itu, jika dibandingkan dengan Chiron, Bugatti Divo memiliki bobot lebih ringan hingga 35 kilogram berkat pengunaan material carbon kevlar pada beberapa bagian.

Bila dilihat dari desainnya, Divo terlihat mirip dengan Chiron. Hal itu bisa dipahami karena keduanya mengunakan basis yang sama. Namun tampilan Divo tampil lebih gahar dengan garis bodi lebih tajam dan tegas, seakan mampu membelah angin dengan sempurna.

Baca juga: Touring Asyik Tim KabarOto.com Ke Geopark Cileutuh

Dari depan, karakteristik Bugatti tetap dipertahankan lewat grille berbentuk tapal kuda. Pada sisi kanan dan kirinya terdapat ventilasi udara untuk asupan radiator dan sistem pendinginan rem cakram carbon ceramic-nya.

Lampu depannya menggunakan LED berbentuk huruf C, yang kalau dilihat dari depan membuatnya terlihat sinis. Di belakang lampu depan terdapat kisi-kisi untuk mengeluarkan udara bertekanan pada daerah spakbor.

Untuk menjamin ekslusifitasnya, Bugatti juga membatasi produksinya hanya 40 unit. Namun ada kabar mengejutkan, karena ternyata semua unit mobil tersebut sudah ludes terjual, bahkan sebelum resmi diluncurkan.

Tak hanya itu, syarat membeli mobil ini adalah harus memiliki Bugatti Chiron standar terlebih dahulu.