Mewahnya Rolls-Royce Ghost Zenith Collection

Mewahnya Rolls-Royce Ghost Zenith Collection Foto: Rolls-Royce

KabarOto.com Rolls-Royce sebagai produsen mobil premium asal Jerman yang tergabung dalam BMW Group, mengeluarkan edisi eksklusif, untuk pembeli mobil yang menginginkan yang lebih dari sebuah sedan mewah Ghost. Bernama Ghost Zenith Collection, yang diproduksi terbatas hanya 50 unit.

Sedan eksklusif Zenith Collection ini bisa dijadikan mobil koleksi bagi para konglomerat, seperti pada model Phantom VII Zenith Collection, yang diperkenalkan pada tahun 2016. Koleksi ini akan menampilkan tingkat tertinggi Bespoke yang pernah dilihat pada jajaran Ghost Collection.

Baca juga: Galery Foto Kemewahan Rolls-Royce Cullinan

Ghost sendiri merupakan model Rolls-Royce paling sukses yang pernah dibuat sejak pertama kali diproduksi pada tahun 2009. Tipe ini telah jadi trademark baru bagi Rolls-Royce, lantaran pelanggan yang memesan mobil ini, kini mulai dari usia yang lebih muda dari sebelumnya yaitu 43 tahun ke atas.

Secara visual, bagian eksterior terlihat sama dengan Rolls-Royce Ghost pada umunya. Menggunakan pelek berukuran 21 inci, terdapat logo Spirit of Ecstasy yang menjadi ciri khas di kap mesin, dan cat bodi menggunakan warna dua nada, yang sama seperti pada Rolls Royce Phantom.

Tersedia 3 pilihan kombinasi warna 2 nada dengan lapisan cat kontras-gloss untuk warna eksterior yang bisa dipilih, di antaranya Iguazu Blue dengan Andalusian White, Premier Silver dengan Arctic White, atau Bohemian Red dengan Black Diamond.

Baca juga: Rolls-Royce Wraith 2017, Hadiah Anak Untuk Bapaknya

Kesan mewah dan elegan berlanjut ke kabin yang terlihat tak kalah memukau. Duduk di bangku baris pertama, dasbor terlihat mewah didukung penggunaan lapisan kayu asli, terdapat lapisan kayu pada trim pintu menggunakan efek Transition Woodset dan jam analog khas Rolls-Royce.

Intip ke instrument cluster, petunjuk spidometer, penunjuk power reserve, dan indiaktor sisa bahan bakar tetap menggunakan jarum, menambah kesan klasik pada mobil ini. Berbeda dengan mobil zaman sekarang yang sudah menggunakan format digital, sehingga terlihat modern.

Bergeser ke konsol tengah, Ghost Zenith Collection mengambil inspirasi dari model 200EX. Zenith menampilkan ingot (logam) peringatan yang dibuat dari logam Spirit of Ecstasy asli model 220EX, lalu dilebur dan diletakkan pada konsol tengah di setiap unit model terbatas ini. Terdapat ukiran karya seni abstrak Blueprint Engraving dari model 200EX, yang menambah eksklusifitas interior.

Sentuhan akhir interior yakni penyempurnaan oleh Bespoke Collective dari Home of Rolls-Royce Leathershop. Berasal dari kursi belakang yang menampilkan sulaman dari bahan kulit, pembuatannya terinspirasi dari detail pada bangku Rolls-Royce Silver Ghost tahun 1907.

Sebagai sedan mewah, mesin yang dibekali sangat bertenaga untuk Rolls-Royce Ghost Zenith Collection. Mengandalkan mesin yang sama dengan Ghost pada umumnya, berkonfigurasi V12 kapasitas 6.600 cc, menghasilkan tenaga 563 dk dan torsi 820 Nm.

Produksi mobil edisi terbatas ini dirakit di tempat perakitan mobil The Home of Rolls-Royce di Goodwood Sussex Barat, Inggris. Layaknya layaknya produksi varian lain yang hand made, RR Zenith Collection juga dibuat manual menggunakan tangan, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, dilansir dari caradvice.com.au, perkiraan harga untuk varian standar Ghost Zenith Collection dibanderol mulai sekitar US$ 830.000 atau sekitar Rp 11 miliaran OTR, sedangkan untuk long wheelbase dibanderol mulai US$ 920.000 atau sekitar Rp 13 miliar OTR. (Nora Dian Pratama)