POPULAR STORIES

MG Motor Indonesia Jelaskan Fitur Internet Di Mobilnya

MG Motor Indonesia Jelaskan Fitur Internet di Mobilnya

KabarOto.com - Berkembangnya internet dan teknologi, muncul istilah Internet of Things (IoT) yang mengacu pada berbagai perangkat fisik yang terhubung ke internet.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Statista, jumlah perangkat Internet of Things (IoT) di seluruh dunia pada tahun 2030 diperkirakan akan meningkat hampir tiga kali lipat dari dari tahun 2020 menjadi lebih dari 25,4 miliar perangkat IoT. Industri otomotif disebut sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk perangkat berbasis IoT.

Perkembangan teknologi berbasis IoT pun tidak luput dari perhatian Morris Garage atau MG yang mengaku sejak beberapa tahun belakangan terus fokus berinovasi mengandalkan perkembangan teknologi pada portofolio globalnya.

Baca juga: MG Motor Indonesia Terapkan Hal Ini Saat PPKM Darurat

MG baru-baru ini menghadirkan MG Marvel R Electric, SUV elektrik di pasar Eropa dengan desainnya yang memukau dan memiliki fitur termasuk sistem bantu mengemudi MG Pilot ADAS dan sistem konektivitas MG i-SMART baru dengan layar sentuh berukuran 19,4 inci.

Adapun MG Cyberster, memanfaatkan teknologi IoT dan sukses menghadirkan konektivitas 5G di dalam kabinnya sehingga para pengendara dapat menikmati tidak hanya gaming, tetapi kegiatan dan konektivitas berbasis internet lainnya dengan lebih lancar.

Inovasi global ini pun telah dibawa MG ke Indonesia, di mana masyarakat kini dapat menikmati pengalaman berkendara bersama mobil pintar dengan teknologi berkendara otonom, MG HS i-SMART.

MG HS i-SMART adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi IoT yang memungkinkan para pemilik MG HS i-SMART selalu terhubung dengan kendaraannya tanpa adanya hambatan jarak dan waktu.

Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, “MG menjawab kebutuhan tersebut melalui MG HS i-SMART yang memiliki beragam fitur yang terkoneksi dengan internet, sehingga para pengguna bisa mengontrol mobil mereka dari jarak jauh hanya dengan beberapa sentuhan di ponsel pintar mereka.”

Berkat adanya penggunaan teknologi IoT pada MG HS i-SMART, bepergian dengan meninggalkan mobil di rumah untuk waktu yang cukup lama bukan lagi menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan karena para pengguna tetap dapat memeriksa kondisi kendaraan.

Baca juga: Agar Tak Bingung, Manfaatkan 5 Fitur Berkendara MG HS I-Smart Magnify

Kokpit MG Cyberster

Melalui fungsi Smart Check, para pengguna dapat mengandalkan aplikasi MG i-SMART untuk mengecek fitur-fitur esensial pada mobil, hingga menyalakan atau mematikan mesin dan AC mobil dari jarak jauh.

Sementara untuk memastikan mobil aman di rumah, pengguna dapat mengaktifkan fitur Geo Fence untuk membatasi jarak pergerakan mobil dan memberikan peringatan melalui aplikasi apabila mobil telah melewati batas radius yang sudah ditentukan.

Fungsi lain pada MG HS i-SMART yang memanfaatkan teknologi berbasis IoT adalah Smart Connect. Pengguna bisa mengakses lagu secara online langsung dari layar infotainment system di dalam mobi.

Selain itu, Smart Connect juga mengizinkan penggunanya mencari lokasi-lokasi penting yang ingin dituju seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit, serta melihat keadaan jalanan dan mengetahui informasi cuaca secara real time, sehingga mereka tidak harus melakukannya melalui ponsel pintar mereka saat sedang berkendara.

Salah satu kecanggihan integrasi teknologi IoT ini memungkinkan para pengguna MG HS i-SMART untuk terus memperbarui firmware mereka menggunakan koneksi internet via Firmware Over the Air (FOTA).