POPULAR STORIES

Michelin Siapkan Ban Formula E 2022, Klaim Lebih Hemat 16 Persen

Michelin Siapkan Ban Formula E 2022, Klaim Lebih Hemat 16 Persen Michelin

KabarOto.com - Seri pembuka Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E 2022 telah dimulai pada akhir Januari lalu di Ad Diriyah (Saudi Arabia), disusul seri kedua yang berlangsung akhir pekan lalu di Mexico City (Meksiko).

Michelin menyatakan format kualifikasi baru yang diadopsi pada kejuaraan balap elektrik dunia musim ke delapan tahun ini membuat pemilihan ban menjadi semakin vital dan penting dalam strategi memenangkan balapan.

Manager Program Formula E Michelin, Mirko Pirrachio mengatakan pembalap Formula E saat ini diberikan alokasi maksimum hanya delapan ban (dua set) per pertandingan e-prix, serta 12 ban untuk akhir pekan dengan dua kali pertandingan.

Baca juga: Michelin Guide, Jadi Panduan Restoran Hotel Hingga Tambal Ban Rekomendasi Di Seluruh Dunia

Artinya, Formula E adalah kejuaraan dunia FIA yang menggunakan paling sedikit ban. Sementara itu balapan akan dimulai dengan tahapan Grup di mana pembalap dibagi dua kelompok dan bertarung pada power 220kW, dilanjutkan tahapan Duel, perempat final, semi final dan final.

“Baik dalam tahapan Grup maupun Duel masing-masing tim diperbolehkan mengganti ban sesuai kebutuhan pembalap. Namun alokasi yang diberikan hanya dua pasang ban untuk digunakan sepanjang hari balapan, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga pertandingan. Sehingga mereka harus menggunakan ban yang sama berulang-ulang,” ujar Mirko.

Ban yang digunakan pada musim pertama dan kedua di 2014 dan 2015 adalah Michelin Pilot Sport EV. Mulai kejuaraan musim ketiga pada 2016, Michelin memperkenalkan seri Pilot Sport EV2 yang jauh lebih efisien ketimbang pendahulunya.

Baca juga: Pembalap MotoGP Jajal Ban Michelin Untuk Tes Pramusim Di Sirkuit Mandalika

“Pembalap Formula E akan terbantu dengan Pilot Sport EV karena serbaguna dan tahan lama. Namun yang terpenting, pembalap bisa memilih pengaturan yang berbeda dan menerapkan tekanan ban yang juga berbeda,” kata Mirko.

Ia menambahkan generasi kedua Pilot Sport EV mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) hingga 16%, yang berarti ban bisa menjangkau satu lap lebih lama dalam setiap putaran kejuaraan.