Microsoft Dan Volkswagen Sepakat Bikin Platform Kemudi Otomatis

Microsoft dan Volkswagen Sepakat Bikin Platform Kemudi Otomatis

KabarOto.com – Volkswagen tengah mengembangkan mobil otonom. Untuk mencapai tujuannya, pabrikan asal Jerman ini akan berkerjasama dengan perusahaan teknologi Microsoft.

Kedua perusahaan tersebut sepakat untuk membangun platform Pengemudian Otomatis (Automated Driving Platform/ADP) berbasis cloud untuk pengembangan sistem bantuan pengemudi dan fungsi pengemudian otomatis secara lebih efisien.

Baca Juga : Volkswagen ID.3 Mulai Diproduksi Di Pabrik Transparan Jerman

Dirk Hilgenberg, chief executive officer (CEO) perusahaan perangkat lunak milik Volkswagen Car.Software Organization mengatakan, “Bergabungnya dua perusahaan yang memiliki keahlian komprehensif akan menghasilkan solusi pengemudian terkoneksi dengan cloud dan pengetahuan rekayasa perangkat lunak milik Microsoft, kami akan menciptakan layanan mobilitas yang aman dan nyaman.”

Sebelumnya, kedua perusahaan ini telah berkolaborasi di Volkswagen Automotive Cloud (VW.AC) sejak 2018. Tim perekayasa di VW.AC di Seattle, Amerika Serikat, telah mengimplementasikan pertukaran data antara kendaraan dan cloud via layanan canggih Azure.

Baca Juga : Volkswagen Investasi Ratusan Miliar Rupiah Untuk Mobil Listrik

Dengan menggunakan koneksi cloud, pabrikan mobil asal Jerman ini dapat melakukan pembaruan fitur secara independen untuk perangkat keras kendaraannya di masa mendatang.

Untuk merealisasikan kerjasama ini, Volkswagen akan menanam investasi sekitar 27 miliar euro untuk digitalisasi pada 2025, sekaligus meningkatkan pangsa pasar pengembangan perangkat lunak mobil mulai 10% hingga 60%.