MINI Paddy Hopkirk Edition, Sejarah Awal Jawara Balap Reli

MINI Paddy Hopkirk Edition, Sejarah Awal Jawara Balap Reli

KabarOto.com - MINI membangkitkan kembali kenangan kejayaannya di aspal sirkuit. Kali ini memberikan penghormatan khusus untuk Paddy Hopkirk, pemenang Monte Carlo Rally tahun 1964.

Paddy Hopkirk Jawara Monte Carlo Rally 1964


Tentunya jelas terbatas, karena MINI Paddy Hopkirk Edition ini dibuat sebanyak 100 unit. Oh iya, basis yang dipakai adalah MINI 3-Door Hatch Cooper S. Tapi konsumen dibebaskan pilih transmisi manual atau otomatis.

Baca juga: Ternyata Maserati MC20 Punya Tujuh Tahap Cat, Ini Penjelasannya!



Menandai MINI Paddy Hopkirk Edition, di bagian pintu diberi angka 37. Nomor 37 ini juga ternyata tak hanya dipakai oleh Hopkirk, dipakai pula oleh Timo Makinen menang tahun 1965 dan Rauno Aaltonen menang tahun 1967.

Detail lainnya yang mencolok di MINI Paddy Hopkirk Edition adalah pemakaian pelek diameter 17 inci. Ternyata kaki tersebut racikan John Cooper Works bermaterial alloy ringan dibalur Track Spoke Black.

Hitam mengilap juga menghiasi bagian frame grille serta bagian dalam kisi pasokan udara. Pembuka kap mesin, tuas pintu, bilah tutup bensin dan pegangan pintu belakang.



Penanda lain MINI Paddy Hopkirk Edition adalah dekorasi garis putih melintang di kap mesin dan stiker khusus bertuliskan “Paddy Hopkirk Monte Carlo”. Kemudian ada kombinasi nomor kendaraan 33 EJB yang digunakan di balapan Monte Carlo 1964.

Di kabin juga ditemui tulisan khusus sebagai penghormatan kepada Hopkirk, terlihat di atas permukaan mengilap Piano Black. Ada juga sorotan LED di bawah pintu saat akses mobil berupa pendaran "Paddy Hopkirk".

Baca juga: Hanya Butuh 20 Menit untuk Isi Daya Mobil Listrik Ini Hingga Penuh



MINI Navigation Pack dan Comfort Pack menjadi paket standar di MINI Paddy Hopkirk Edition. Dibuat unik adalah di tutup kunci ada nomor 37. Di Inggris, harganya mencapai £27.405 atau setara Rp520,3 juta. Pemesan pertama dikirim paling cepat bulan November 2020.