Ternyata Maserati MC20 Punya Tujuh Tahap Cat, Ini Penjelasannya!

Ternyata Maserati MC20 Punya Tujuh Tahap Cat, Ini Penjelasannya!

KabarOto.com - Maserati di Modena, Italia, dimodernisasi menjadi tempat produksi MC20, produsen mobil mewah itu memiliki tempat pengecatan yang benar-benar baru, serta dilengkapi dengan teknologi inovatif dan ramah lingkungan.

Proses yang dilakukan di Viale Ciro Menotti itu memastikan pencocokan warna yang sempurna, serta dikontrol secara khusus untuk setiap pengaplikasiannya guna memastikan kualitas tertinggi. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 20 jam demi melewati berbagai stasiun di tempat pengecatan.

Waktu 20 jam tersebut meliputi beberapa tahap, sebagai contoh adalah Maserati MC20 dicat dalam tujuh langkah. Penasaran apa saja?

Baca Juga : Jaguar F-Pace 2021, Ada Mesin Baru Dan Makin Berlimpah FItur

Tahap pertama bodi akan memasuki primer terlebih dahulu,pekerjaan ini dilakukan secara manual untuk memastikan bahwa produk siap masuk tahap selanjutnya.

Jika telah dirasa sesuai standar, bodi dipindahkan ke bilik pembersih, dilengkapi dengan semprotan deionisasi yang menetralkan muatan listrik statis, serta membersihkan permukaan memakai udara bertekanan diionisasi untuk menghilangkan kotoran dan kontaminan lainnya sebelum tahap selanjutnya dari proses pengecatan.

Selanjutnya bodi akan masuk tahap pengecatan, di mana suhu dan kelembabannya telah dikontrol sedemikian rupa, serta memiliki keseimbangan ekstraksi udara stabil yang pastinya mempengaruhi kualitas pengaplikasiannya. Nah disini akan ada dua robot bergerak di sekitar mobil, bertugas mengecat area internal dan eksternal sebanyak dua lapisan cat utama.

Setelah selesai dicat, bodi akan bergerak menuju stasiun oven pertama, proses ini menghabiskan sekitar 10 menit pada suhu 80°. Tahap tersebut diperlukan guna memungkinkan penguapan komponen berbasis air yang terkandung dalam cat. Barulah kembali ke tahap naik lapisan luar transparan atau pernis.

Baca Juga : Proton X50 Lahir Berkat Persilangan Teknologi Dengan Geely

Di sini robot akan melakukan tahapan seperti pengecatan, tetapi kali ini menerapkan lapisan transparan atau pernis, menariknya Maserati punya opsional dalam tiga pilihan paket, yakni mengkilap, berwarna atau matte.

Proses pernis sudah selesai, masuk kembali ke oven dan menghabiskan 15 menit dalam suhu 50° C. Terdapat dua tahap, untuk pengerasan atau finishing-nya sekitar 45 menit pada suhu 85° C.

Bodi yang telah selesai dicat sudah siap untuk dibersihkan dan masuk tahap pemolesan, serta pemeriksaan terakhir guna mendapatkan persetujuan, sebelum melanjutkan ke perakitan.