POPULAR STORIES

Mini Rayakan Selesainya Batch Pertama Countryman Rakitan Lokal

Mini Rayakan Selesainya Batch Pertama Countryman Rakitan Lokal Mini Cooper S Countryman Sports (KO)

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu lalu dinanti oleh para konsumennya, Mini Indonesia akhirnya menyelesaikan batch pertama dari produksi New Mini Countryman yang dirakit secara lokal, di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter. Keberhasilan ini dirayakan dengan mengajak awak media beserta komunitas Mini untuk berkunjung ke pabrik.

Perayaan selesainya perakitan batch pertama

New Mini Countryman yang dirakit di Indonesia hadir dalam 2 varian, New Mini Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports. New Mini Countryman merupakan kendaraan segmen kompak premium satu-satunya yang dirakit secara lokal di Indonesia untuk saat ini.

Baca Juga: Mengintip Proyek Radikalisme, Triumph Street Triple R 675 2014

"Sejak diperkenalkan 6 tahun yang lalu, MINI telah mengalami pertumbuhan fantastis di Indonesia. Pertumbuhan ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penggemar MINI baru di Indonesia yang mendorong keputusan MINI untuk hadirkan New MINI Countryman rakitan lokal," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Kabar baiknya, setelah dirakit lokal rencananya Mini Cooper Countryman bisa diantar kepada konsumen dalam waktu sekitar 3 hari sejak pemesanan. Sebelumnya, konsumen harus menunggu sampai 3 bulan untuk mendapatkan unit Countryman versi CBU dari.

"Langkah ini sekali lagi menyoroti komitmen Mini dalam menempatkan pelanggannya sebagai fokus dari strategi Mini. Dimana pelanggan Mini akan mendapatkan kendaraan berkualitas-tinggi dengan harga yang kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat,” lanjut Ramesh.

Proses perakitan

Meski rakitan lokal, namun PT Gaya Motor sebagai pelaksana produksi Mini Countryman, menjamin bahwa baik proses maupun hasil rakitannya tetap memiliki standar kualitas yang tinggi, dan sama dengan di negara lain.

“Kami mengirim orang ke Jerman untuk mempelajari bagaimana merakit Mini. Teknologi dan standar perakitan pun mengikuti ketetapan khusus dari principal Mini di Jerman,” ujar Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano, Kamis (6/9/2018).

Pada batch pertama ini, BMW Group Production Network 2 oleh PT Gaya Motor telah merakit setidaknya 24 model New Mini Cooper Countryman dan 24 New Mini Cooper S Countryman Sports.

"Sampai akhir tahun kita akan merakit 96 unit Mini Cooper S Countryman dan 96 unit Mini Cooper Countryman. Satu batchnya kita produksi 24 unit, dalam kurun waktu satu minggu dan 1 unitnya kita kerjakan dalam 3 hari," Ujar Head of Corporate Communication BMW Group Production Indonesia, Jodie O'Tania.

Baca juga: Profil - MINI Countryman Rakitan Lokal

Versi lokal Cooper Countryman yang menggunakan mesin 3-silinder, 1.500 cc turbo, dijual Rp 599 juta off the road. Sedangkan Cooper S Countryman Sports bermesin 4-silinder, 2.000 cc, dibanderol Rp 769 juta off the road.

Keduanya dilengkapi dengan Mini Service Inclusive, pemeliharaan rutin gratis selama 5 tahun atau 70.000 km, mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.