MINI Recharged, Proyek Klasik Tenaga Mesin Listrik

MINI Recharged, Proyek Klasik Tenaga Mesin Listrik

KabarOto.com - Proyek Mini Recharged adalah kesempatan untuk para pemilik Mini klasik agar mobilnya bisa terasa seperti mobil abad 21. Ide konversi Mini klasik menjadi penggerak listrik sudah lahir bahkan sebelum pabrikan Inggris itu merilis mobil listrik Mini Cooper SE.

Mini Electric klasik sempat dibuat pada 2018 dan dipamerkan di New York Auto Show, Amerika Serikat. Tanggapan pengunjung pun sangat positif sehingga tim khusus dari Mini Plant Oxford mulai bekerja dan mengembangkan rencana untuk membuat penawaran bagi pemilik Mini klasik.

Baca juga: Mini Remastered Oselli Edition, Sajikan 2 Karakter

Prosesnya mesin bensin asli Mini klasik diganti dengan penggerak listrik modern, sehingga memungkinkan untuk mengembalikan Mini klasik ke kondisi aslinya di kemudian hari. Selama konversi, mesin asli setiap kendaraan ditandai dan disimpan sehingga dapat digunakan kembali.

“Apa yang tim proyek kembangkan mempertahankan karakter Mini klasik dan memungkinkan para penggemarnya menikmati performa serba elektrik. Dengan Mini Recharged, kami menghubungkan masa lalu dengan masa depan,” kata Bernd Körber selaku BMW Group, Head of Mini.

Penggeraknya menggunakan motor listrik modern yang menghasilkan output hingga 122 dk, memungkinkan Mini klasik akselerasi hingga 100 kpj dalam waktu sekitar sembilan detik saja. Jangkauan diperkirakan sekitar 160 km. Selain itu, setiap Mini klasik yang diubah akan menerima kluster instrumen sentral bergaya klasik yang sekarang menampilkan suhu penggerak, gigi yang dipilih, jangkauan dan kecepatan.

Mini Recharged juga menghadirkan pengalaman berkendara baru seperti drivetrain senyap dengan akselerasi instan, kemampuan untuk memasuki zona mengemudi listrik atau rendah emisi di banyak kota besar. Misalnya, Mini klasik listrik dapat jalan di Oxford Street atau Piccadilly Circus di London. Selain itu, konversi klasik elektrik tidak memerlukan registrasi baru.

Baca juga: Punya BMW Dan Mini Lawas? Di Tempat Ini Tak Perlu Pusing Cari Suku Cadang

Proses daur ulang Mini klasik yang dipesan lebih dahulu dilakukan secara eksklusif di Inggris. Setiap kendaraan yang dikonversi diberi nomor seri khusus agar membuatnya spesial.

“Individualitas juga memainkan peran penting dengan MINI Recharged. Model Mini klasik yang diciptakan merupakan karya seni sejati di atas roda. Itulah mengapa kolaborasi di masa depan juga direncanakan sebagai bagian dari program MINI Recharged, memungkinkan seniman terkenal untuk mengekspresikan kreativitas mereka di model Mini klasik,” kata Sebastian Beuchel, Head of MINI Global Brand Management.