POPULAR STORIES

Mitra Ojek Online Dapat Insentif Tambahan Dari Karbon Pembakaran Motor

Mitra Ojek Online dapat Insentif Tambahan dari Karbon Pembakaran Motor Nujek hadirkan inovasi untuk mitra (Foto: Nujek)

KabarOto.com - Nujek, perusahaan penyedia jasa transportasi online menggandeng Datam, penyedia alat konversi bahan bakar motor listrik asal Korea Selatan.

Mereka menandatangani kerjasama untuk menjalankan proyek Clean Development Mechanism (CDM) United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

Baca Juga: Masuk Jakarta, Ojek Dan Taksi Online Wajib Tunjukkan STRP

Kerja sama ini terkait konversi Bahan Bakar Kendaraan Listrik dan telah terdaftar di UNFCCC. Ada sekitar 12.500 sepeda motor dari 32.000 motor milik mitra driver Nujek akan dipasang perangkat khusus. Gunanya untuk dapat mendaur ulang emisi karbon hasil pembakaran menjadi listrik.

Kerjasama Nujek dan Datam (Foto: Nujek)

Setiap kredit carbon yang dihasilkan akan di kompensasikan menjadi insentif tambahan bagi driver Nujek. Lee Young-cheol selaku CEO Datam menjelaskan, pihaknya memiliki sertifikasi untuk menggunakan sistem CDM secara khusus. Mereka menyebutnya teknologi Regen Powertrain.

Menggunakan teknologi IOT, dapat mendaur ulang sekitar 25% sampai dengan 50% dari energi bahan bakar menjadi energi listrik. Tujuannya, untuk memperpanjang jarak tempuh dan mengurangi konsumsi pengisian baterai sampai 50%.

"Target kami dapat menghasilakan 1,6 ton kredit karbon per tahun dari setiap kendaraan yang dikonversi,” terangnya. Teknologi ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap kebijakan energi nasional, sehingga bisa memberi dampak pada penghematan 25% sampai 50% dari pengisian seluruh motor listrik.

Sementara itu, Moch. Ghozali selaku CEO Nujek mengatakan, ini akan membantu Mitra Driver mendapat penghasilan tambahan dari intensif credit carbon, juga dapat mengurangi biaya operasional Mitra.

"Karena karena dapat menghemat biaya BBM," tambah dia, dalam keterangan resmi, Senin (01/08/2022).

Selain itu menurutnya, membantu program pemerintah langit biru bebas karbon yang dapat mengurangi pemanasan global akibat berkurangnya emisi gas buang, hasil pembakaran kendaraan bermotor.

Baca Juga: Astra Distribusikan 30 Ribu Makanan Untuk Ojek Online Jabodetabek

Nantinya piloting 365 kendaraan milik Mitra Driver akan dipasang alat CRM. Untuk memasangnya, akan melibatkan santri alumni SMK sebagai teknisinya.

Sebagai informasi, Nujek lahir dari kalangan muda di Jawa Timur dan telah beroperasi di 36 kota, seperti Gorontalo, Cianjur, Cirebon, Banyumas
sampai ke Nunukan Kalimantan. Nujek telah menjangkau 500.000 pengguna dan mitra kerja, target ada 2 juta pelanggan di tahun 2023 mendatang.