Mitsubishi Luncurkan Sistem Dendo Drive House Untuk Mendukung Operasional Mobil Listrik

Mitsubishi Luncurkan Sistem Dendo Drive House untuk Mendukung Operasional Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV (KO)

KabarOto.com - Mitsubishi Motors Corporation (MMC), saat ini memiliki teknologi terbaru yang dinamakan Dendo Drive House (DDH). Teknologi anyar tersebut, dibuat oleh produsen mobil asal Jepang itu untuk mendukung elektrifikasi pada produk buatannya.

Dendo Drive House ini, pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang Geneva Motor Show 2019 lalu, dan mulai dijual di Jepang, mulai 3 Oktober 2019.

Baca Juga: Mengulas Mitsubishi Lancer Evolution Tommi Mäkinen Edition

"Teknologi pada DDH ini menawarkan cara untuk mengatasi efek perubahan iklim, dan mendukung kebutuhan energi yang tinggi," tulis MMC dalam keterangannya.

Skema sistem DDH

Sistem DDH terdiri atas beberapa komponen. Yaitu panel surya, baterai penyimpanan di rumah, modul DC to AC, dan bi-directional charger. Sehingga, memungkinan pemilik kendaraan mengalirkan listrik dari rumah ke mobil tanpa biaya.

Canggihnya, sistem ini juga memungkinkan pemilik mobil untuk mengalirkan listrik dari mobil ke rumah. Mitsubishi mengklaim, bahwa DDH dapat mengurangi jumlah tagihan listrik dan biaya bahan bakar, dan menyediakan sumber listrik darurat.

Teknologi ini mendukung fitur yang terdapat pada mobil Mitsubishi Plug-in Hybrid (PHEV), seperti pada Mitsubishi Outlander PHEV. Karena, sistem pada DDH disambungkan DC wall charging dengan chademo connector, sehingga terjadi pengisian daya secara bi-directional atau dua arah.

Memungkinkan kendaraan listrik Mitsubishi menjadi sumber listrik rumah

Lantas seperti apa kecanggihan dari DDH ini? teknologi tersebut memungkinkan baterai penyimpanan DDH, untuk membagikan energi listrik secara otomatis antara mobil PHEV dan rumah. Sumber energinya sendiri berasal dari panel surya, yang dapat menyimpan listrik ke baterai rumah pada siang hari.

Baca Juga: Mengenal Kecangihan Fitur Super Select 4WD-II Yang Ada Di Mitsubishi New Triton

Lalu di malam hari, tenaga dari baterai rumah dapat digunakan untuk menyalakan listrik rumah dan atau mengisi ulang daya pada mobil PHEV. DDH juga dapat menyuplai listrik, yang sudah tersimpan untuk memberi daya ke rumah saat listrik padam.

"Cara ini dapat menghemat uang dan berpotensi mengurangi emisi," kata MMC. Setelah Jepang, Mitsubishi Motors rencananya akan menawarkan DDH sebagai paket dalam pembelian mobil Mitsubishi PHEV di beberapa negara lain, seperti Jerman, dan Australia. Canggih juga ya!