Mitsubishi Rayakan 40 Tahun Perjalanan Model Pikapnya

Mitsubishi Rayakan 40 Tahun Perjalanan Model Pikapnya Mitsubishi Triton (Mitsubishi)

KabarOto.com - Pada tahun 2018 ini, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) sedang merayakan 40 tahun, usia produk pikap yang menjadi andalan mereka. Mobil pikap yang sekarang dikenal dengan nama Mitsubishi Triton ini memulai debutnya sejak 1978.

Kala itu, produk pikap pertama pabrikan berlambang tiga berlian tersebut, adalah Forte. Bukan hanya untuk pasar dalam negeri, model pikap 1 ton tersebut juga diekspor ke pasar global. Beberapa wilayah menggunakan nama L200, dan masih digunakan hingga saat ini.

Baca Juga: Profil - Mitsubishi Xpander 2018

Forte, generasi pertama pikap Mitsubishi yang jadi cikal bakal Triton, Pajero Sport bahkan Delica

Meskipun memiliki kapasitas angkut yang cukup besar, namun Forte tetap mudah dikendarai atau Mitsubishi menyebutnya dengan easy-to-drive.

Pikap tersebut juga berhasil menjadi andalan mobilitas bagi 4,7 juta orang, berkat daya tahan, performa daya angkut, utilitas, kenyamanan dan pengendalian seperti sebuah sedan.

Dalam keterangan resminya Mitsubishi mengatakan, bahwa sejak awal Forte dirancang untuk menghadirkan moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang. Pikap inilah yang lantas menjadi embrio lahirnya model-model seperti Triton, Pajero Sport, bahkan hingga Delica.

Sejatinya, pikap harus mampu menempuh semua jenis medan, dari daerah dingin bersalju hingga wilayah gurun pasir yang sangat panas. Didasari pemikiran tersebut, Mitsubishi Motors kemudian membangun kendaraan four-wheel-drive (4WD) dengan menambahkan versi 4x4 pada 1980, yang menjadi pondasi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini.

Baca juga: Test Drive DFSK Glory 580: Interior Lapang Dengan Fitur Ala Pesawat

Berkembang sekian lama, model pikap itu berganti nama menjadi Triton di banyak pasar dan memberikan dampak yang mendalam pada bisnis Mitsubishi Motors. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors.

Sejak generasi ketiga pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik itu merupakan yang terbesar dari Mitsubishi Motors dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Rencananya, Mitsubishi akan kembali memperkenalkan model pikap Triton generasi terbarunya, di Thailand pada November tahun ini.