POPULAR STORIES

Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Paling Banyak Diekspor Tahun 2019

Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Paling Banyak Diekspor Tahun 2019

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu KabarOto sempat mengulas soal mobil CBU paling laku di Indonesia, berdasarkan data dari Gaikindo.

Tapi apakah kalian tahu, jika Indonesia juga mengekspor banyak mobil loh, bahkan mobil yang tidak dijual di Indonesia sendiri.

Mobil tersebut didistribusikan ke berbagai Negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, bahkan Negara lintas benua seperti Meksiko, Uruguay, Afrika Selatan, dan sebagainya.

Angka total penjualan mobil ekspor sendiri meningkat sekitar 25,5% dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2018 sekitar tercatat sekitar 264.553 unit. Sementara tahun 2019 menoreh hasil 332.023 unit.

Baca Juga : 5 Mobil CBU Paling Laku Di Indonesia Selama 2019

Nah, penasaran mobil apa paling banyak diekspor ke luar Negeri? Nih KabarOto rangkum 5 mobil paling banyak diekspor menurut data Gaikindo Export Data 2019.

1. Mitsubishi Xpander

Dari sektor penjualan ekspor, kali ini Toyota kalah dengan Mitsubishi. Sebab mobil paling banyak diekspor ternyata Mitsubishi Xpander, dengan mencatat angka 64.714 unit.

Bahkan Mitsubishi sampai mengesampingkan terlebih dulu untuk produksi Pajero Sport, demi memfokuskan pada Xpander. Oleh karena itu, ada beberapa tipe Pajero Sport harus datang secara CBU dari Thailand.

2. Toyota Rush

Posisi kedua dari line up Toyota, namun bukan seperti biasanya nih. Kalau biasa paling laku itu Avanza, kali ini justru Rush lebih banyak diekspor dengan mencatat angka 50.315 unit.

Versi tinggi dari Avanza tersebut memang terbilang mobil cukup praktis untuk keluarga. Ground clearance tinggi, fitur mumpuni, serta performa dari mesin 1.5 liternya menghasilkan tenaga 103 dk, dan 136 Nm dirasa sangat cukup untuk lalulintas perkotaan.

3. Toyota Fortuner

Selanjutnya masih dari Toyota, ada SUV andalan mereka yakni Fortuner. Mobil ini memiliki desain cukup dinamis dan tajam khas lekukan bodi Toyota, lalu fitur serta kemewahannya turut menunjang kenyamanan penumpang.

Baca Juga : Tomica Akan Rilis Diecast Spesial Ulang Tahun Ke-50

Fortuner diekspor sebanyak 47.487 unit demi memenuhi kebutuhan pasar, selain Indonesia mobil ini juga dibuat di Thailand.

4. Toyota Vios / Yaris Sedan

Toyota Vios juga tidak mau ketinggalan menempati urutan ke 4, dimana ada sekitar 30.376 unit sudah mengaspal ke negeri tetangga. Memang di negara lain, sedan lebih banyak diminati ketimbang hatchback. Di luar Indonesia, ada beberapa negara tetap menggunakan nama Yaris pada mobil ini.

Seperti kita tahu, kedua mobil tersebut merupakan 1 basis, Yaris versi hatchback dan Vios merupakan versi sedannya. Berbekal mesin 2NR-FE 4 silinder, berkapasitas 1.5 liter, mampu menghasilkan angka 106 dk dan torsi maksimum 140 Nm.

5. Toyota Avanza

Nah posisi kelima ada mobil yang sudah tidak asing selalu menempati penjualan paling tinggi di Indonesia, apalagi kalau bukan Toyota Avanza. Walau tidak sebanyak di dalam negeri, tapi lumayan loh sebab Avanza menyumbang 29.098 unit.