Tomica Akan Rilis Diecast Spesial Ulang Tahun Ke-50

Tomica akan Rilis Diecast Spesial Ulang Tahun ke-50 Tomica akan Rilis Diecast Spesial (Sumber: Tomica)

KabarOto.com – Siapa Sobat KabarOto yang koleksi diecast dari Tomica? Diecast berskala 1 : 64 ternyata sudah berumur 50 tahun loh, sob!

Tomica sendiri berada di bawah naungan Takara Tomy, sama seperti mainan misalnya BeyBlade, Bakugan, Pokemon, dan sebagainya.

Diecast Tomica

Dirilis sejak 18 Agustus 1970 hingga sekarang, Tomica telah merilis sekitar 1.050 model dan sudah menjual sekitar lebih dari 670.000 lebih diecast di dunia. Nah, demi merayakan ulang tahun ke 50-nya tersebut, Tomica menggandeng 3 brand otomotif untuk membuat replika mobil spesial masing-masing. Model yang dipilih sendiri ada 3 jenis, yakni Honda Civic Type R Tomica 50th Anniversary, Toyota Supra GR Tomica 50th Anniversary, dan Nissan GT-R Tomica 50th Anniversary dengan ciri khas tersendiri.

Baca Juga : Kali Ini Honda Civic Type R Terbuat Dari Lego

“Tomica dilahirkan dengan ide untuk memberi anak-anak di Jepang sebuah minicar yang bisa dimilikinya sendiri. Sudah 50 tahun sejak kami didukung oleh anak-anak yang mencintai Tomica, dan penggemar Tomica. Begitu juga kepada semua perusahaan mobil, kami ucapkan terima kasih,” ujar Mikitaro Toyama, selaku Ketua dan CEO Takara Tomy.

Honda Civic Type R Diecast

Untuk Honda Civic Type R, warna dasar yang dipilih adalah putih, dilengkapi livery dan tulisan kombinasi warna hitam, merah dan emas. Campuran warna seperti ini memang sangat menggambarkan karakter Honda yang begitu melekat dengan Mugen Power.

Nissan GT-R Tomica

Lalu Nissan GT-R menggunakan kombinasi warna dual tone yakni setengah keatas merah, sementara setengah ke bawah hitam. Desain ini mengikuti model mobil balap lawas Nissan R30 Super Silhoette, di mana kala itu Tomica menjadi sponsor pertama kalinya.

Baca Juga : Tuner BMW AC Schnitzer Oprek Toyota GR Supra

Terakhir ialah Toyota GR Supra, di mana desainnya terbilang cukup sederhana dengan kombinasi warna monokrom putih gradasi hitam dan silver, kemudian aksen merah pada sisi atap.

Honda Civic Tomica Diecast

Nantinya diecast ini akan dirilis sekitar pertengahan tahun 2020 secara bertahap, dan dijual dengan harga 800 yen atau sekitar Rp 100 ribu. Honda Civic akan debut di Tomica Expo Osaka bulan April, Toyota Supra di Tokyo Toy Show bulan Juni mendatang, dan Nissan GT-R di Tomica Expo Yokohama bulan Agustus nanti.