POPULAR STORIES

Mobil BAIC Bakal Dirakit Lokal, Ini Dua Kandidat Assembly-nya

Mobil BAIC Bakal Dirakit Lokal, Ini Dua Kandidat Assembly-nya Seremoni penandatanganan kontrak dilakukan JHL Auto Showroom (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - BAIC resmi masuk pasar otomotif Indonesia melalui PT Jio Distribusi Indonesia (JDI) sebagai distributor tunggal. Di mana, seremoni penandatanganan kontrak dilakukan di JHL Auto Showroom, pada Kamis kemarin (28/03).

"Hari ini sejarah dimulainya perjuangan dari delapan bula lalu, mencari alternatif otomotif yang akan kami impor dan selanjutnya akan rakit di sini," ungkap Jerry Hermawan Lo, Founder PT JDI.

Sebagai langkah awal, BAIC akan meluncurkan dua produk di segmen SUV yang didatangkan dari Tiongkok, satu mengisi segmen premium dan satu lagi medium SUV.

Baca Juga: Resmi Masuk Indonesia, BAIC Pasarkan Dua Mobil Sekaligus

Rencana produk BAIC yang akan diluncurkan di Indonesia

BAIC BJ40 Dan X55 Akan Dipasarkan di Indonesia

"Produknya BAIC BJ40 Plus dan X55, rencana tahun depan kita masukkan yang hybrid. Kami lakukan secara bertahap, karena terkendala di setir kanan, mereka produknya rata-rata setir kiri, jadi butuh waktu untuk menyesuaikannya," tambah Jerry.

Sementara itu, BAIC beranggapan Indonesia memiliki potensi besar dengan sebagian dari strategi ekspansi pasar kendaraan roda empat setir kanan.

"Setir kanan berkontribusi sekitar 30 persen dari total penjualan mobil secara global, untuk itu kami datang ke Indonesia. Kami percaya dengan populasi dan pasar yang terus berkembang. Kami juga akan membawa pengalaman baru untuk Indonesia," ucap Executive Director & CEO BAIC International, Yang Nanhua.

Baca Juga: Baic ArcFox Kaola, Mobil Listrik untuk Kebutuhan Keluarga

Mobil BAIC Dirakit Lokal

Lebih lanjut, Chief Operating Officer PT JDI, Dhani Yahya mengungkapkan bahwa produk yang didatangkan berstatus CBU, tapi perusahaan berkomitmen untuk memproduksi lokal. Perusahaan sudah menjajaki dua mitra lokal.

"Ada dua perusahaan yang tengah melakukan penjajakan, saya bisa sebut kandidat assembly-nya Gaya Motor dan HIM (Handal Indonesia Motor). Kita akan trial CKD dalam tiga atau empat bulan," ujar Dhani.

Rencananya, produk pertama yang akan dirakit lokal dalam negeri akan diluncurkan tahun depan.

"Mungkin akan diluncurkan di IIMS 2025. Untuk CBU akan diluncurkan di GIIAS 2024 sudah ada timeline-nya. CKD akan bertahap dimulai dari BAIC BJ40, kemudian diikuti model lainnya, " pungkas Dhani.