Mobil Cina Buatan Serang Siap Berkompetisi Di Pasar Domestik

Mobil Cina Buatan Serang Siap Berkompetisi di Pasar Domestik Proses perakitan mobil di pabrik Cikande, Serang (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Sokonindo Automobile, pabrikan baru di Indonesia yang memiliki kemampuan cukup mumpuni, targetkan produksi 50.000 unit mobil setahun. Model pertama yang mereka buat, yakni pikap SuperCab dan Glory 580 yang merupakan SUV 7 penumpang.

Tak hanya itu, pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten tersebut, juga menjadikan Sokonindo sebagai basis untuk produk ekspor. Diharapkan, mobil asal Serang ini mampu bersaing di pasar domestik.

Baca Juga:

Sokonindo merupakan pabrikan asal Cina, DFSK (Dong Feng Sokon) yang mengebangkannya di Indonesia. Meski akan memproduksi 50.000 unit per tahun tidak akan memulainya dalam waktu dekat ini.

“Investasi sebesar 150 juta USD dan direncanakan dikembangkan nanti sampai ke nilai 300 juta USD untuk pembangunan engine plan. Kapasitas produksi untuk 3 shift adalah 50 ribu unit per tahun dengan tingkat ketelitian mencapai hampir 100 persen,” terang Co-CEO Sokonido, Alexander Barus.

“Pabrik ini disebut dengan smart factory dan dikenal dengan standar Industry 4.0. Sokon Group Ltd. Hong Kong, yang bekerjasama dengan Kaisar Motorindo dengan membangun pabrik yang menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar lokal dan global.”

Untuk tahap awal, dengan 1 shift kerja, pabrik Sokonindo baru memproduksi sebanyak sekitar 15.000 unit kendaraan dalam setahun.

Dengan tujuan global tersebut, Indonesia ditargetkan menjadi basis produksi untuk kendaraan Sokon dengan posisi setir kanan. Sementara pabrik Sokon di Cina hanya produksi kendaraan setir kiri.

Pabrik Sokonindo dibangun di atas lahan seluas 20 hektar yang telah selesai dibangun sejak Mei 2017, dan diharapkan bisa mencapai kapasitas penuh produksi dalam 3 tahun ke depan.

Model pertama yang akan diproduksi adalah pikap SuperCab dan SUV GLory 580.