Mobil Formula E Gen3 Bisa Hasilkan Tenaga Maksimal 470 Dk

Mobil Formula E Gen3 Bisa Hasilkan Tenaga Maksimal 470 Dk Mobil Balap listrik Gen3 yang ramah lingkungan (Foto: FIA Formula E)

KabarOto.com - Mobil balap Formula E Gen3 baru saja diperkenalkan di Prancis akhir April 2022 lalu. Mobil balap dengan tenaga listrik ini bakal menggantikan Gen2 EVO. Kendaraan ramah lingkungan ini, rencananya akan digunakan untuk balapan musim kesembilan Formula E berlangsung tahun 2023 mendatang.

Dikutip dari laman FIA Formula E, Gen3 diklaim menjadi mobil balap listrik tercepat, dengan kecepatan maksimal 322 kpj. Selain itu, juga paling efisien karena lebih dari 40% energi berasal dari pengereman regeneratif.

Baca juga: Mobil Formula E Gen3 Akan Dibuat Efisien

Hebatnya lagi, sekitar 95% efisiensi daya dari motor listrik dapat menghasilkan tenaga maksimal 350 kW atau setara dengan 470 dk. Gen3 juga diyakini menjadi mobil balap Formula E dengan penggerak di depan dan belakang pertama.

Mobil Formula E Gen3 (Foto: FIA Formula E)

Gen3 menurut informasi, kemampuan pengisian daya sangat tinggi untuk energi tambahan selama balapan. Kekuatannya hampir dua kali lipat dari pengisi daya komersial.

Gen3 ternyata diklaim sebagai mobil formula E perdana yang tidak menggunakan rem hidrolik belakang. Tak hanya ramah lingkungan, mobil ini juga menggunakan bahan alami untuk komponen ban, baterai, sampai konstruksi bodinya.

Baca juga: Sambut Formula E, Porsche Siapkan Mobil Balap Gen3

Baterainya paling canggih dan berkelanjutan, dibuat dari bahan mineral, sel baterai akan digunakan kembali dengan cara didaur ulang, setelah selesai digunakan.

Tak hanya itu, sebanyak 23% bahan yang ada pada ban dihasilkan dari karet alam dan serat daur ulang. Setelah balapan, ban akan didaur ulang kembali.

Seluruh pemasok mobil Formula E Gen3 bakal beroperasi sesuai dengan standar internasional yang memang manaungi dampak lingkungan dari manufaktur, serta mendapat peringkat 3 Bintang Akreditasi Lingkungan FIA.