POPULAR STORIES

Ini Mobil Listrik Dengan Kemampuan Jelajah Terjauh Tahun 2018

Ini Mobil Listrik dengan Kemampuan Jelajah Terjauh Tahun 2018 Tesla Model S Mobil Listrik Dengan Kemampuan Jelajah Terjauh 2018 (Tesla)

KabarOto.com - Mengendarai kendaraan listrik konsumen kerap memikirkan seberapa jauh alat transportasi itu mampu menjelajah hanya dengan sekali charge. Pertanyaan itu lalu ditangkap Tesla sebagai peluang untuk menciptakan keunggulan dibanding produk otomotif lainnya.

Hasilnya seperti dikutip Motor1, Jumat (2/2/2018), Tesla hingga saat ini masih memimpin sebagai kendaraan yang memiliki kemampuan jelajah terjauh hanya dengan sekali charge.

Hal itu dibuktikan Tesla melalui sedan andalannya Model S yang mampu melaju sejauh 337 mil dengan sekali charge. Bahkan, model tercepatnya S 75D, mampu melaju dengan kecepatan 0 - 60 mph dalam waktu 2,5 detik mengalahkan kecepatan Ferrari.

Model S 75D yang memakai baterai terkecil itu, mampu menempuh jarak sejauh 275 mil hanya dengan sekali charge.

Pesaing Tesla

Pesaing Tesla saat ini model hatchback Chevrolet Bolt EV subkompak yang diperkirakan memiliki daya jelajah sejauh 238 mil per charge.

Pesaing Tesla lainnya hanya memiliki jarak tempuh terjauh antara 111 mil dan 150 mil dan itu masih dapat dikatakan cukup jauh karena berdasarkan data Departemen Perhubungan Amerika Serikat, perjalanan rata-rata mobil listrik di AS memiliki jarak tempuh 30 mil bolak-balik.

Baca Juga: Aliansi Renault Nissan Mitsubishi Geser Posisi VW Dalam Penjualan Mobil Dunia

Meski demikian, beberapa ahli teknologi mengatakan, jarak tempuh bukanlah menjadi acuan konsumen untuk membeli kendaraan listrik meskipun hal itu penting.

Anda juga harus mempertimbangkan penghematan bahan bakar mobil listrik (mpg-e/ miles per galon equivalent) yang akan menjadi pembanding saat akan membeli kendaraan listrik, hibrida dan kendaraan konvensional.

Bila kita bandingkan biaya yang harus dikeluarkan saat menjalankan Model S yang memiliki daya tempuh terjauh saat ini dengan Model 3 yang memiliki daya tempuh 310 mil, akan lebih mahal Model S sebesar 98 mpg (kira-kira setara dengan 41,66 km/liter) dibandingkan Model 3 sebesar 130 mpg (kira-kira setara dengan 55,27 km/liter).

Namun, banyak orang berharap kendaraan listrik dengan kemampuan jelajah terjauh akan hadir di pasaran dalam beberapa bulan ke depan dimulai dengan hadirnya Jaguar i-PACE.