POPULAR STORIES

Mobil Listrik Konsep Mercedes-Benz Vision EQXX Curi Perhatian Di CES 2023

Mobil Listrik Konsep Mercedes-Benz Vision EQXX Curi Perhatian di CES 2023 Foto: Mercedes-Benz

KabarOto.com - Pameran CES 2023 semarak dengan kehadiran mobil-mobil listrik, salah satunya adalah Mercedes-Benz EQXX. Walaupun masih berupa mobil konsep, namun tampilan desainnya mencuri perhatian. Dianggap sebagai mobil listrik konsep dengan desain menggoda.

Pada ajang tahunan terbesar tersebut, Mercedes-Benz Vision EQXX masuk sebagai salah satu objek kendaraan EV paling menarik. Masuk di antara produk kendaraan listrik lainnya seperti motor listrik Verge TS, mobil panel surya Squad dan BMW i Vision Dee.

Mercedes-Benz berada di Las Vegas, Amerika Serikat, untuk CES 2023 menampilkan "Tech to Desire" dengan beberapa perkembangan yang akan memperkaya kehidupan pelanggannya. Pengunjung melihat langsung kendaraan listrik masa depan tersebut, rata-rata kagum akan desain ekteriornya yang dianggap futuristik.

Baca juga: Mercedes-Benz Vision EQXX Bisa Tempuh 1.000 Km!

Pihak pabrikan asal Jerman itu juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan jaringan pengisian daya global bermerek Mercedes-Benz. Peluncuran dimulai tahun ini di Amerika Utara dalam kemitraan dengan MN8 Energy dan ChargePoint. Mercedes-Benz juga mengungkap sejumlah inovasi dan kolaborasi lain yang mengembalikan waktu, membuat hidup lebih mudah, dan membangkitkan kegembiraan bagi pelanggan di dalam dan luar mobil.

Dalam sambutannya selama pembicaraan teknologi Mercedes-Benz di CES 2023, Chief Technology Officer Markus Schäfer mengungkapkan rencana jaringan pengisian daya tinggi bermerek Mercedes-Benz mulai tahun ini di Amerika Utara. Peluncuran di Eropa, Tiongkok, dan pasar utama lainnya akan menyusul.

Jaringan Amerika Utara dijadwalkan selesai pada tahun 2027, saat total lebih dari 400 hub dengan lebih dari 2.500 pengisi daya tinggi akan mencakup benua. Ditempatkan dengan nyaman secara berkala dekat dengan jalan raya, persimpangan utama, dan area metropolitan, hub akan menawarkan pengalaman pengisian daya yang premium, berkelanjutan, dan andal.

Pengunjung CES 2023 dapat melihat dari dekat model Vision EQXX seukuran aslinya di stan Mercedes-Benz, dan mempelajari lebih lanjut tentang kendaraan penelitian yang sangat istimewa ini. Mercedes-Benz paling efisien yang pernah membuktikan kemampuannya tahun lalu dengan beberapa perjalanan lebih dari 1.200 km dengan sekali pengisian baterai. Itu menjadi berita utama musim panas lalu dengan konsumsi energi rata-rata 8,3 kilowatt jam per 100 km dalam perjalanan dari Stuttgart, Jerman ke Silverstone, Inggris.

Dengan output sekitar 150 kW, drivetrain elektrik super efisien (mencakup semuanya mulai dari baterai hingga unit penggerak elektrik hingga roda) di Vision EQXX memberikan tenaga dan kapasitas baterai yang cukup untuk perjalanan lebih jauh.

Baca juga: Mulai Rp2,2 Miliar, Mobil Listrik Mercedes-Benz EQ Meluncur Di Indonesia

Unit penggerak elektrik di Vision EQXX adalah unit khusus yang terdiri dari motor listrik, transmisi, dan elektronika daya yang menampilkan silikon karbida generasi baru. Unit elektronika daya didasarkan pada hypercar Mercedes-AMG Project ONE yang akan datang.

Selain itu keunggulan dari perancang bangun alias desainer mampu menciptakan aerodinamika terbaik dengan hambatan angin di angka 0,17 Cd.

Material yang dipakai merupakan bahan daur ulang dan berbasis tanaman serta rendah karbon. Kemudian komponen ringan untuk rendah gulir dan aerodinamika dengan penggunaan pelek magnesium. Cakram rem terbuat dari alumunium alloy.

Vision EQXX menggunakan perangkat hasil inovasi dari motorsport seperti dari Formula E dan Formula 1. Sehingga hal ini memiliki relevansi langsung untuk pengembangan mobil jalan raya