POPULAR STORIES

Mobil Listrik Malaysia, Mirip Honda Jazz

Mobil Listrik Malaysia, Mirip Honda Jazz

KabarOto.com – Malaysia bergerak cepat untuk membangun konsep mobil listrik nasional lewat perusahaan rintisan lokal, yakni EV Innovations.

Dibangun mulai Januari 2019, prototipe mobil listrik Malaysia diberi nama MyKar. Menggunakan pintu dan suspensi milik Honda Jazz, membuat mobil listrik ini memiliki garis bodi yang mirip dengan hatchback Honda.

Lebih lanjut, mobil listrik asal Negeri Jiran tersebut menggunakan rangka ladder frame atau sasis tubular yang dibuat oleh EV Innovations. Dan, memiliki bobot sekitar 900 kg.

Baca Juga : Tak Mudah Bagi Federal Produksi Pelumas ExxonMobil

Soal performa, mobil listrik ini dibekali dua motor listrik berpenggerak roda belakang. MyKar dilengkapi baterai berkapasitas 10kWh yang terdiri dari 32 sel baterai China Aviation Lithium Battery (CALB) lithium-ion phospate (LiFePO4) seberat 100 kg.

Prototipe MyKar diklaim mampu menjangkau jarak 150 km dengan rincian konsumsi energinya mencapai 6,6 kWh per 100 km. Untuk pengisian daya baterainya membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Baca Juga : September Ceria, Ini Promo Pembelian Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross

Melalui performa tersebut, mobil listrik dengan kapasitas 10 kWh bisa menghasilkan tenaga sekitar 32 dk dan torsi maksimal 295 Nm. Akselerasi 0-100 km ditempuh dalam waktu 16,7 detik dengan kecepatan maksimum 104 km/jam.

Kabarnya, EV Innovations sebagai pengembang mobil listrik ini telah menghabiskan biaya 600.000 ringgit atau setara dengan Rp2,1 miliar.

Rencananya, mobil listrik Malaysia ini tidak akan diproduksi secara komersial. Namun hanya sebagai penelitian dan pengembangan sistem kendaraan elektrik dan memanfaatkan kendaraan sebagai tempat pengujian menampilkan berbagai teknologinya.

Berita Terkait

Berita Terkait