Mobil Listrik Volkswagen ID.3 Akan Punya Suara Khusus Buatan Komposer

Mobil Listrik Volkswagen ID.3 akan Punya Suara Khusus Buatan Komposer

KabarOto.com - Sesuai kesepakatan keselamatan pada Juli 2019 semua kendaraan listrik yang baru terdaftar harus menghasilkan suara buatan ketika berjalan.

Baru-baru ini, desain suara ID.3 disajikan di DRIVE. Forum di Berlin sebagai bagian dari acara Future Sounds. Motor penggerak listrik yang nyaris sunyi menawarkan potensi besar untuk desain suara khusus merek mobil yang tidak hanya menarik perhatian dari mobil, tetapi juga pada merek mobil.

Baca juga: Bikin Volkswagen Klasik Jadi Segar Kembali



Yup, kendaraan listrik Volkswagen bisa segera dikenali dari suaranya. Karena kendaraan listrik hampir hening pada kecepatan rendah, risiko kecelakaan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda meningkat di lalu lintas dalam kota.

Untuk alasan ini, model ID.family akan, di masa depan, menggunakan Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS) untuk menghasilkan suara mengemudi buatan - saat bergerak; dengan kecepatan hingga 30 kpj dan saat mundur.

AVAS di ID.3 terdengar di bagian dalam dan luar kendaraan sampai kecepatan 30 kpj. Di dalam kendaraan, berbagai tahap suara mengemudi selalu terdengar berdasarkan kecepatan dan posisi pedal akselerator. Di luar kecepatan ini, pergerakan kendaraan dan kebisingan mengemudi menjadi lebih menonjol.



Suara melaju mobil Volkswagen dikembangkan sebagai bagian dari kolaborasi dengan komposer dan produser musik Leslie Mandoki. Tatanan audio berlapis-lapis mengungkapkan kecepatan dan dinamika e-mobilitas.

Baca juga: Pabrik di Tiongkok Rampung, Volkswagen Produksi Mobil Listrik ID

“Suara kendaraan listrik menentukan identitasnya. Suara harus tegas dan menyenangkan. Ini mungkin terdengar futuristik dan juga harus terkesan dengan karakternya yang unik,” ujar Dr. Frank Welsch sebagai Chief Development Officer Volkswagen Passenger Cars.


Selain aspek keamanan pada kecepatan rendah, suara kendaraan listrik sangat penting. “Berkat suara mereka, kendaraan listrik diberikan suara mereka sendiri sehingga kami dapat mendesain diri sendiri tanpa suara mekanikal,” yakin Klaus Bischoff sebagai Head of Design Volkswagen Brand.