Pabrik Di Tiongkok Rampung, Volkswagen Produksi Mobil Listrik ID

Pabrik di Tiongkok Rampung, Volkswagen Produksi Mobil Listrik ID Volkswagen ID.3 (VW)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan singkatan VW, baru saja mengumumkan selesainya pembangunan pabrik produksi SAIC-Volkswagen di Anting, Tiongkok.

Menariknya, fasilitas produksi ini disebut VW akan menjadi tempat khusus untuk pembuatan kendaraan listriknya, yang menggunakan platform Modular Electric Drive Matrix (MEB).

Menggunakan platform MEB

Sebagai langkah awal, VW menandai kegiatan produksi di pabrik itu dengan melakukan pre-production produk anyar, yakni Volkswagen ID.

Herbert Diess, selaku Volkswagen Chairman mengatakan, bahwa Volkswagen ID itu nantinya ditujukan khusus untuk pasar domestik Tiongkok.

Baca Juga: Penasaran Volkswagen Tiguan Dan Polo, Yuk Ke Senayan!

"Grup Volkswagen memproyeksikan volume total 22 juta mobil listrik di seluruh dunia pada tahun 2028, dengan lebih dari 50% dari itu berasal dari Tiongkok. Negara ini memainkan peran penting dalam strategi elektrifikasi kami," kata Herbert.

Akan memproduksi mobil listrik dari group VW lain

Ia menambahkan, Pabrik Anting memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 300.000 unit kendaraan. Di sinilah produksi model berbasis MEB dari merek lain dalam Grup Volkswagen, juga akan disatukan.

Mobil listrik buatan VW akan menggunakan merek ID

"Produksi lokal Volkswagen di Tiongkok mencakup 15 kendaraan MEB BEVs pada 2025. Beberapa di antaranya akan dirakit di fasilitas FAW-Volkswagen, Foshan, Guangdong, yang akan dimulai Oktober tahun depan," tambah pria yang pernah dinobatkan sebagai "CEO Terbaik di Dunia 2018" oleh majalah CEOWORLD.

Baca Juga: Galeri Foto Jambore Nasional Volkswagen Ke-50

Bila dijumlah, kedua fasilitas ini memiliki kapasitas gabungan 600.000 unit per tahun. Sementara itu, produksi hatchback listrik ID.3 sendiri sudah dimulai di Zwickau, Jerman. Mobil full elektrik yang diluncurkan pada bulan September, tepat sebelum Frankfurt Motor Show tahun ini, menuai respon positif dari para konsumen.

VW ID.3 telah diproduksi di Jerman

Meski VW baru akan secara resmi memasarkan ID.3 tahun depan, namun para pembeli yang sudah tak sabar, rela untuk memberikan uang muka.

"ID.3 sudah dipesan oleh 35.000 orang. Saat peluncuran nanti, kami akan hadirkan 3 varian. Paling tertinggi adalah varian Max, yang dilengkapi dengan baterai 77 kWh sehingga sanggup menempuh jarak 550 km," tutup Herbert.