POPULAR STORIES

Mobil Masa Depan Bakal Gunakan Sensor Sidik Jari Tingkatkan Keamanan

Mobil Masa Depan Bakal Gunakan Sensor Sidik Jari Tingkatkan Keamanan Sensor sidik jari

KabarOto.com - Fitur tanpa anak kunci atau yang juga dikenal dengan keyless saat ini merupakan teknologi umum yang belakangan diaplikasikan kepada mobil-mobil modern. Namun, teknologi tersebut dinilai masih rentan untuk diretas oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut ternyata telah disadari oleh pabrikan kendaraan hingga pihak asuransi terkait kelemahan tersebut. Untuk mensiasati hal tersebut, kedepannya fitur scanner sidik jari dikatakan bakal menjadi solusi untuk membuat mobil jadi lebih aman. Demikian seperti melansir laman Carscoops.

Baca juga: Tesla Patenkan Teknologi Lampu Sein Otomatis

Adapun teknologi serupa telah diterapkan di berbagai smartphone yang beredar saat ini, baik kelas menengah hingga high-end. Untuk menambah tingkat kenyamanan pada kendaraan, dikatakan kedepannya mobil pun akan disematkan teknologi pengenal wajah (facial-recognition) dan pemindai retina.

Menurut sumber tersebut, teknologi tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh Synaptics, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Selain itu, Synaptics pun berencana untuk menerapkan berbagai sensor tersebut untuk membuka mobil saja, namun juga untuk menghidupkan mesin.

Dengan sensor sidik jari tersebut, mobil bisa diaktifkan tanpa menggunakan kunci atau pun alat sama sekali. Godfrey Cheng, Corporate Vice President Synaptics mengatakan, "Saat ini kami sedang mengembangkan beragam teknologi masa depan untuk perangkat keamanan lainnya," pungkasnya.