POPULAR STORIES

Mobil Mercedes-Benz Adolf Hitler Cari Pemilik Baru

Mobil Mercedes-Benz Adolf Hitler Cari Pemilik Baru Mercedes-Benz 770k Grosser Open Tourer milik Adolf Hitler. (sumber: Worldwide Auctioneers)

KabarOto.com - Ketika mendengar mobil bekas yang bakal dilelang, pikiran kita pasti tertuju kepada pemilik sebelumnya. Biasanya, mobil bekas publik figur seperti musisi atau politisi akan terjual dengan harga mahal.

Seperti dilansir Carscoops, Jumat (22/12/2017), Worldwide Auctioneers rencananya bakal melelang mobil Mercedes-Benz 770k Grosser Open Tourer buatan tahun 1939. Mobil ini dulunya merupakan milik pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Baca Juga:

Rencananya, pelelangan mobil ini akan berlangsung pada 17 Januari 2018. Meskipun melelang mobil milik Hitler, Worldwide Auctioneers bukanlah pendukung Nazi. Demikian dilansir Autoblog, Jumat (22/12/2017).

Bahkan, 10 persen dari uang dari hasil lelang tersebut akan didonasikan untuk edukasi terkait sejarah Holocoust agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Pada masanya, mobil ini merupakan kendaraan kepresidenan yang sering digunakan oleh Hitler ketika melakukan parade di depan para simpatisannya.

Mobil ini biasanya dikemudikan oleh Erich Kempka, yang merupakan sopir utama Hitler. Tak hanya itu saja, mobil ini juga sering digunakan untuk mengantar tamu negara.

Karena diperuntukan untuk mengangkut panglima tertinggi nazi, mobil ini juga dilengkapi armor plating hingga bagian bawah mobil. Begitu juga dengan kacanya yang anti peluru, serta atap anti peluru yang bisa menutup bila diperlukan.

Untuk jantung penggeraknya, mobil ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 7,7 liter 8-silinder. Dengan unit tersebut, mobil ini mampu menghasilkan daya hingga 231 Tk, dan tenaganya disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan.