POPULAR STORIES

Mobil Salah Isi Bahan Bakar? Langsung Lakukan Ini

Mobil Salah Isi Bahan Bakar? Langsung Lakukan Ini Ilustrasi (Kabaroto/Deddy)

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu sempat viral video perkelahian antara petugas SPBU dengan pemilik mobil. Permasalahannya adalah salah isi bahan bakar, mobil diesel diisi menggunakan bensin.

Tentu faktor kesalahan manusia ini sangat menjengkelkan bagi pemilik mobil. Kalau sudah terjadi seperti ini berikut langkah yang harus langsung dilakukan.

Pemilik teliti dan segera menyadari kalau pengisian bahan bakarnya salah. Lalu apabila sudah terlanjur diisi, sebisa mungkin jangan menyalakan mobil.

Baca Juga : Mengenal Fitur Drive Mode Yang Lazim Ditemui Pada Mobil Modern

“Agar bahan bakar yang salah tetap di tangki saja, dan tidak masuk ke jalur bahan bakar atau bahkan mesin,” papar Hardyanto Halim selaku owner Top Setup Auto Mechanic yang bermarkas di Kembangan, Jakarta Barat.

Langkah selanjutnya adalah membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengurasan tangki bahan bakar. “Langsung panggil towing bawa ke bengkel untuk dilakukan pengurasan tangki. Kalau memang telat sadar dan mobil sudah jalan pun, bisa kok ditangani Cuma pengerjaan pastinya jadi lebih banyak, kalau sudah masuk ke ruang mesin,” papar pria ramah itu.

Baca Juga : Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Pria berkacamata itu juga menjelaskan, kerusakan mesin akibat salah bahan bakar pun tidak berdampak sampai mesin jebol dan sebagainya apabila mobil terlanjur digunakan. Sebab pastinya mesin memberikan tanda seperti sulit menyala atau tidak menyala sama sekali.